01 November 2018

author photo
7 Kekurangan Menggunakan Hosting Gratis
Idwebhost.com
Ketika anda ingin membangun atau membuat sebuah website atau blog, maka anda wajib mengenal domain serta juga hosting. Terutama hosting menjadi hal yang paling penting sebelum anda mempublish website atau blog. Karena hosting merupakan fondasi utama dalam membangun sebuah situs.

Namun jangan sampai anda menggunakan hosting seadanya alias gratis. Mengapa? Karena seperti halnya sektor kebutuhan diluar hosting, segala sesuatu yang sifatnya gratis cenderung banyak meninggalkan celah. Sebut saja soal kualitas, marjin perbedaan antara paid hosting dengan free hosting jelas cukup jauh.

Sementara untuk mengembangkan blog self hosting secara optimal diperlukan dukungan web hosting yang handal. Hosting tidak sebatas sebagai media penyimpanan file online. Cakupan fungsi hosting jauh lebih kompleks, termasuk kemampuan server dalam menghadapi lonjakan trafik. Oleh karena itu pada artikel ini, kami akan membahas secara lebih mendalam tentang kekurangan menggunakan hosting gratis.

Well, sebenarnya menggunakan layanan hosting gratisan tentu tidak salah. Namun idealnya hosting gratisan hanya cocok untuk mereka yang statusnya pemula atau masih dalam tahap belajar membuat blog berbasis self hosting, baik itu menggunakan WordPress, Drupal, Joomla, maupun CMS sejenis lainnya.

7 Kekurangan Menggunakan Hosting Gratis
Idwebhost

Namun, bagi Anda yang benar-benar serius ingin mengembangkan blog, pilihan yang tepat untuk Anda adalah hosting berbayar. Karena cukup banyak kekurangan menggunakan hosting gratis dan dengan memilih hosting berbayar. Anda tidak perlu bekerja dua kali yang disebabkan oleh sederet sisi minus yang ada pada web hosting gratisan.

Oke sebelum membahas lebih lanjut tentang kekurangan menggunakan hosting gratis, anda wajib memahami terlebih dahulu apa itu hosting

Apa itu hosting?

Hosting adalah tempat penyimpanan file atau data data website sehingga bisa diakses melalui internet bisa berupa gambar, file email, program/script database dan sebagainya.

Perusahaan Hosting seperti IDWEBHOST menyediakan hardware, jaringan (infrastruktur), email (telepon), dan sebagainya agar anda bisa membuat website atau blog. Server (gedung Mall) kami dihuni oleh banyak pelanggan, masing-masing pelanggan mempunyai batas penggunaan diskspace (batasan ruangan) dan tentu saja setiap pelanggan mengoperasikan websitenya masing-masing. Setelah memahami apa itu hosting, sudah saatnya anda mengetahui kekurangan menggunakan hosting gratis berikut ini:

Kekurangan menggunakan hosting gratis yang harus anda hindari

1. Kapasitas Disk Space yang diberikan terbatas

Kekurangan menggunakan hosting gratis yang pertama adalah karpasitas disk space yang terbatas. Sebenarnya hal ini bergantung pada jenis website atau blog yang ingin Anda buat. Tetapi setidaknya Anda harus membutuhkan disk space kisaran lebih besar dari 500 MB untuk membuat dan mengembangkan sebuah blog berbasis self hosting. Pada umumnya disk space yang disediakan oleh provider hosting gratisan hanya berkisar antara 100 sampai 200 MB. Besaran kapasitas tersebut tidak akan dapat memenuhi hosting blog Anda.

Dengan adanya disk space hosting yang terbatas ini maka anda tidak bisa membuat banyak konten, padahal konten merupakan hal yang terpenting dari sebuah website. Contohnya anda mendapatkan disk space hosting 500 Mb maka jika diskspace tersebut penuh maka anda tidak akan bisa menginputkan lagi data-data website seperti tulisan, gambar, video dan lain lain.

Oleh karena itu pada poin ini sangat penting bagi anda untuk memiliki hosting berbayar karena hosting unlimited bisa menyediakan disk space yang akan lebih memuaskan, apalagi bagi anda yang memiliki banyak ide konten di kepala!

2. Performa Server yang mengecewakan dan tidak sesuai kebutuhan

Salah satu bagian terpenting dalam memilih web hosting adalah berkaitan dengan kualitas server. Kualitas server merupakan tolak ukur kualitas sebuah layanan web hosting. Setiap provider web hosting lebih memprioritaskan layanan untuk pengguna hosting premium (berbayar), sehingga server hosting gratisan sangat sering terjadi masalah dan bisa menyebabkan terjadinya down server.

7 Kekurangan Menggunakan Hosting Gratis
Idwebhost

3. Harus menaati peraturan dan ketentuan yang berlaku

Kekurangan menggunakan hosting gratis selanjutnya adalah pada hosting yang gratis terdapat peraturan dan  ketentuan yang tidak boleh anda langgar. Misalnya menggunakan script yang sifatnya melanggar privacy (TOS). Jika anda langgar bersiaplah untuk menerima teguran bahkan sampai penghapusan situs anda. Untuk mengatasinya anda bisa membuat halaman privacy policy dan Disclaimer, serta menghindari hal-hal diluar ketentuan pemilik hosting.

Hal ini berbanding terbalik jika anda menggunakan web hosting yang berbayar anda bisa berbuat apa saja, karena itu adalah seperti rumah anda. Namun jangan salah jika pengunjung anda membludak kemudian anda memaksakan menggunakan kuota yang ada, biasanya akan terkena suspended dari penyedia layanan.

4. Keamanan Data tidak terjamin

Kekurangan hosting gratis selanjutnya adalah keamanan data yang tidak bisa dijamin 100 persen. Ya berbeda dengan layanan hosting berbayar, ketika Anda menggunakan hosting gratisan maka mau tidak mau Anda harus siap kehilangan data-data weblog Anda sewaktu-waktu. Bayangkan waktu dan jerih payah Anda dalam membuat dan mengembangkan blog Anda lalu di kemudian hari atau suatu waktu terdapat data-data di blog yang hilang dengan begitu saja, kira-kira apa yang Anda pikirkan saat Anda mengalami hal tersebut?

Oleh karena itu, akan lebih baik menggunakan web hosting berbayar yang bisa menjamin keamanan data serta konten yang anda buat secara 100 persen

5. Blog anda memiliki potensi untuk hilang

Ini adalah sisi minus menggunakan layanan hosting gratisan yang paling menakutkan. Ya, dengan menggunakan hosting gratisan Anda berpotensi kehilangan blog Anda. Bayangkan, hasil jerih payah anda dengan menghabiskan banyak waktu akan hilang dalam sekejap.

Atas alasan tertentu, pihak penyedia hosting bisa menghapus blog Anda. Ketika blog Anda sudah hilang, semua kerja keras Anda selama ini terbuang dengan sia-sia. Apakah Anda ingin mengambil risiko ini? Saya rasa Anda harus memikirkan nya dengan bijak dan seksama.

6. Minim support serta bantuan

Sangat penting adanya customer service pada layanan penyedia hosting karena ketika anda mengalami masalah maka anda bisa langsung menghubungi dan secara cepat pihak hosting akan memberi bantuan kepada anda. Jika anda memakai hosting gratisan maka anda untuk bantuan maka akan sulit dan kalapun ada bantuan bisa memakan waktu lama yang akan sangat merugikan website anda jika tidak segera diperbaiki.

7 Kekurangan Menggunakan Hosting Gratis
Webhosting

7. Tidak bisa menghasilkan uang

Kekurangan menggunakan hosting gratis selanjutnya adalah Anda tidak akan bisa mendapat profit apapun dari blog Anda tanpa trafik. Trafik membutuhkan bekal bandwidth karena dengan begitu blog Anda bisa diakses secara normal oleh para pengunjung. Hosting gratisan hanya menyediakan bandwidth dalam jumlah yang kecil atau dengan kata lain tidak memenuhi kebutuhan blog Anda. Lalu, darimana blog Anda bisa dijadikan sebagai blog bisnis?

Nah itu tadi dia di atas merupakan 7 Kekurangan menggunakan hosting gratis. Dengan segala macam kekurangan tersebut, akan lebih bijak jika anda menggunakan hosting berbayar yang bisa anda dapatkan di penyedia webhosting terbaik.

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga