07 Januari 2017

author photo
Sensor adalah sesuatu yang digunakan untuk mendeteksi adanya perubahan lingkungan fisik atau kimia. Variabel keluaran dari sensor yang diubah menjadi besaran listrik disebut Transduser. Pada saat ini, sensor tersebut telah dibuat dengan ukuran sangat kecil dengan orde nanometer.

Karena kecanggihan teknologi yang semakin canggih, belakangan ini kita mulai mengenal sensor fingerprint pada smartphone. Sensor ini digunakan untuk keamanan pada ponselmu dengan cara memindai sidik jarimu

Ilustrasi Hp yang menggunakan Sensor
Beberapa sensor ini memiliki peranan penting dalam kenyamanan penggunaan smartphone.

1. Orientation sensor
Sensor ini sangat membantumu saat akan menggunakan smartphone dalam kondisi landscape atau portrait. Ia berperan dalam mendeteksi orientasi dan posisi ponsel pintarmu. Tanpa sensor ini, smartphone yang kita kenal saat ini tidak akan dapat digunakan dalam berbagai posisi.

2. Proximity sensor
Pernahkan ketika kamu menelepon tiba-tiba layar ponselmu mati guys? Yup, hal tersebut terjadi karena kinerja sensor ini. Sensor ini berfungsi mendeteksi keberadaan suatu objek tanpa kontak fisik dalam jarak tertentu. Biasanya sensor ini terletak di dekat kamera depan dengan bentuk lingkaran. Biasanya orang akan kaget saat pertama kali menggunakan ponsel dengan sensor ini.

3. Ambient light sensor 
Sensor ini memiliki peran dalam mendeteksi intensitas cahaya disekitar smartphone. Berkat sensor ini ponsel pintar akan melakukan perubahan kecerahan layar secara otomatis tergantung kondisi penerangan disekitar ponsel. Kinerjanya mungkin jarang kamu sadari ya guys.

4. Gyroscope sensor
Sering menggunakan aplikasi berbasis navigasi di smartphonemu guys? Pergerakan kita akan terdeteksi dengan jelas saat menggunakan aplikasi ini. Itu semua karena kinerja sensor ini.

Sensor ini akan mendeteksi sudut kemiringan dan mengukur kecepatan sudut yang tidak dipengaruhi oleh grafitasi. Ia mampu mendeteksi arah atas, bawah, kanan, kiri, maju, mundur maupun gerakan rotasi. Saat membeli smartphone jangan lupa memastikan 4 sensor ini ada ya guys.

Baca Juga:
  1. 8 Tips Belajar Mengatakan Tidak Agar Kamu Tidak Menyiksa Diri Sendiri!
  2. Beginilah Pengaruh Tinta Tato Pada Kesehatan Tubuh Manusia
  3. Jangan Cemas! Masa Sulit Justru Mendewasakan Dirimu!
  4. Terinspirasi Cara Rasulullah Berdagang, Tip Top Menjadi Pasar Swalayan Bertema Islami Yang Sukses
  5. Inilah Video Detik-detik Penembakan Duta Besar Rusia Saat Berpidato di Sebuah Galeri Seni Kota Ankara
(Ref: diahanggra, catatansandk.com, style.tribunnews.com)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga