10 Oktober 2016

author photo
Kita mengenal polisi sebagai pranata umum sipil yang mengatur tata tertib (orde) dan hukum. Namun ada suatu hal yang unik yaitu seorang polisi yang bisa mengenal kejadian 850 kriminal dalam kurun waktu 4 tahun wow.

Inilah Andy Pope, Police Community Support Officer dari Kepolisian Midlands Barat, Inggris. Andy adalah seorang petugas dengan prestasi menonjol. Dia dijuluki sebagai memory cop atau polisi memori karena memiliki ingatan fotografis yang luar biasa. Kekuatan ingatan Andy jauh lebih bisa diandalkan daripada database komputer. Menurut Oddity Central, dia menggunakan kemampuannya itu untuk mengidentifikasi 850 penjahat dalam 4 tahun terakhir.

Setiap hari, Andy tiba di kantor lebih awal untuk mempelajari foto dan identitas para buronan dari database yang dimiliki kepolisian. Setelah itu, dia turun ke jalan atau fasilitas umum untuk mengamati warga yang lalu lalang. Dengan cara ini, dia berhasil menangkap para penjahat.

Andy Pope
Andy sudah menunjukkan kemampuan luar biasanya sejak tahun 2008, saat dia baru bergabung dengan Kepolisian Midlands. Menurut atasannya, Inspektur Gareth Morris, Andy datang kepadanya dua haru setelah bergabung dengan satuan. Dia membawa foto buram seorang tersangka kejahatan dan mengaku mengenalinya di keramaian. Sang inspektur sempat ragu. "Saya bilang kepadanya, saya sendiri pasti kesulitan untuk mengenali ibu saya sendiri melalui gambar seperti itu." Namun satu setengah jam kemudian Andy benar-benar menangkap pria dalam foto, yang kemudian mengakui kalau dia memang hadir di tempat kejadian perkara


"Jika Anda melihat satu foto, biasanya ada sesuatu yang menempel di pikiran kita sebagai suatu ciri khas. Mungkin saya tidak bisa menjelaskan ciri khas apa yang dimaksud pada saat itu, tetapi ketika saya melihat orang itu dengan mata kepala sendiri, ciri khas itu akan memicu memori saya," kata Andy. Bentuk cambang seseorang yang dilihat sekilas dalam hitungan detik atau tahi lalat di sudut mulut yang dia perhatikan dari video hitam putih pun sudah cukup untuk menjadi pengingat.

Andy Pope
Andy sebenarnya belum lama menyadari kalau dia memiliki ingatan yang sangat kuat. "Saya pikir saya ini normal-normal saja sampai Inspektur Morris mengatakan kalau saya mengidentifikasi lebih banyak [kriminal] daripada orang lain," kata Andy kepada The Telegraph.


"Saya tidak tahu apakah saya memiliki ingatan fotografi." Kenyataannya, ingatan super Andy tidak berlaku dalam segala hal. Dia mengaku kesulitan mengingat tanggal dan waktu. "Istri saya harus berurusan dengan hal-hal seperti tanggal ulang tahun dan hari jadi. Kalau sudah berurusan dengan mengingat tanggal, saya benar-benar tidak berguna," pungkasnya. (Ref : sandk, merdeka.com, telegraph.co.uk, huffingtonpost.com, birminghammail.co.uk)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga