12 September 2016

author photo
Kanker serviks adalah salah satu kanker mematikan selain kanker payudara yang dapat menyerang wanita. Kanker serviks adalah kanker yang muncul di sel-sel serviks, yaitu bagian bawah uterus yang berhubungan dengan organ reproduksi wanita. The American Cancer Society pernah memperkirakan, setidaknya akan ada belasan ribu penderita baru, dan lebih dari 5000 wanita akan meninggal karena kanker serviks pada tahun yang akan datang. Wah! Sungguh angka yang sangat mengejutkan.

Kebanyakan kasus dari kanker serviks ini disebabkan oleh sebuah virus bernama Human Papillomavirus atau HPV. Yang wajib kamu tahu adalah wanita dari segala usia yang sudah pernah melakukan hubungan seksual memiliki risiko untuk mengalami kanker ini. Karena itu, sebagai wanita kamu harus waspada dan tahu apa saja gejala awal kanker serviks.

Apa saja gejala kanker serviks tahap awal? Berikut daftar 10 gejala kanker serviks tahap awal pada wanita yang harus kamu waspadai.

Pendarahan yang tidak normal


Kebanyakan wanita yang mengalami gejala kanker serviks akan mengalami pendarahan tidak normal dan tidak beraturan. Ini bisa menjadi salah satu indikator adanya kanker serviks pada wanita. Selain itu, bisa disebabkan juga oleh kondisi medis seperti hormon yang tidak seimbang, penyakit radang panggul atau infeksi pada panggul.

Pendarahan ini bisa terjadi pada waktu antara masa menstruasi, setelah melakukan hubungan seksual dan bahkan setelah menopause. Jika kamu mengalami pendarahan yang tidak biasa pada waktu-waktu tersebut, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Mengeluarkan ‘sesuatu’ yang tidak biasa


Yang dimaksudkan adalah sesuatu seperti keputihan. Jika keputihan yang timbul tidak berbau maka ini adalah keputihan yang normal. Namun jika pengeluaran cairan keputihan ini meningkat, berbau tidak sedap, atau terlihat tidak biasa, bisa jadi ini adalah tanda terjadinya infeksi atau gejala kanker serviks atau endometrium. Biasanya, mereka yang memiliki kasus kanker serviks mengalami keputihan yang berat, berwarna pucat, berair, kecoklatan hingga bercampur darah.

Nyeri saat berhubungan seksual


Jangan sepelekan jika kamu merasa nyeri ketika berhubungan seksual. Ini bisa jadi peringatan dari munculnya kanker serviks. Gejala kanker serviks seperti ini umumnya menunjukkan kanker serviks sudah berada di stadium lanjut, artinya kanker telah menyebar ke seluruh jaringan dan organ reproduksi. Biasanya, ini akan diiringi dengan keputihan yang kental dan berbau tidak sedap.

Nyeri panggul


Nyeri panggul memang umum terjadi di kalangan wanita, biasanya ini terjadi saat siklus menstruasi. Namun, jika nyeri terjadi dalam waktu yang cukup panjang dan intens maka ini bisa jadi merupakan salah satu gejala kanker serviks pada wanita. Jika menderita kanker serviks, biasanya nyeri ini akan muncul pada waktu yang tidak biasa, misalnya selain saat kamu menstruasi. Nyeri ini patut diwaspadai karena nyeri pada panggul biasanya muncul jika kanker sudah berada pada tahap yang mengkhawatirkan.

Tidak nyaman saat buang air kecil


Salah satu gejala kanker serviks yang paling umum, jelas, dan mudah dideteksi namun disepelekan adalah rasa tidak nyaman saat buang air. Biasanya, rasa tidak nyaman diartikan sebagai rasa seperti terbakar, sakit, atau terasa sempit ketika buang air kecil. 

Gejala seperti ini umumnya merupakan tanda kalau kanker serviks telah menyebar ke jaringan di sekitarnya. Karena itu, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter jika gejala kanker serviks ini sudah muncul.

Masa menstruasi yang lebih lama


Setiap wanita memang memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda, namun jika pada suatu waktu kamu mengalami menstruasi yang lebih berat dan lama dari masa normal, maka ini adalah peringatan gejala kanker serviks tahap awal yang paling umum. Ini bisa terjadi karena iritasi pada leher rahim. Jika terjadi pendarahan yang luar biasa dan merasa mengalami situasi yang tidak biasa, segera konsultasikan pada dokter.

Sering buang air kecil


Gejala seperti ini biasanya terjadi pada wanita yang sedang hamil, namun jika kamu tidak sedang hamil dan ini terjadi maka waspadalah. Ketika mengalami kanker serviks, biasanya seseorang akan kehilangan kontrol akan kandung kemih yang bisa membuat kamu sering buang air kecil. Pada fase ini, kanker serviks biasanya telah menyebar ke luar area dan berefek pada kandung kemih atau saluran kemih. Biasanya, pada kasus ini akan terjadi juga keluar darah dalam urin.

Berat badan berkurang drastis


Pola makan teratur, tidak sedang diet atau olahraga ekstrim tapi berat badan berkurang cukup signifikan? Kamu patut waspada dan berhati-hati karena bisa jadi ini adalah gejala kanker. Saat seseorang mengalami kanker, sistem imun akan bekerja lebih keras untuk melawannya dengan memproduksi protein sitokin. Protein ini akan memecah lemak lebih banyak dari biasanya. Karena itulah berat badan bisa menurun.

Merasa selalu letih


Letih adalah kondisi dimana kamu merasa lelah, dan bisa kembali berenergi ketika sudah beristirahat sebentar. Tetapi pada kasus pengidap kanker serviks, kamu akan merasa sangat letih dan selalu kekurangan energi.


Saat menderita kanker, sel darah merah akan digantikan oleh sel darah putih untuk melawan penyakit. Akibatnya kamu bisa mengalami anemia yang membuat tubuh jadi letih, tidak berenergi dan tidak nafsu makan. Selain itu, pasokan energi juga akan berkurang. Setidaknya, anemia adalah peringatan awal yang harus diwaspadai dan tidak boleh disepelekan oleh para wanita.

Sakit dan bengkak pada kaki


Saat kaki kamu sakit dan bengkak itu artinya kanker sudah menyebar, sehingga menghalangi aliran darah dan menyebabkan pembengkakan di kaki. Jika disebabkan oleh serviks, biasanya rasa sakit akan konstan dan meningkat dari waktu ke waktu dan kadang juga diiringi dengan sakit di punggung. Namun bukan berarti jika kaki kamu sakit maka kamu mengalami kanker serviks. Hanya saja, jika sakit yang terjadi tidak normal dan adanya gejala lain seperti yang disebutkan maka kamu patut waspada.

Sumber : anekatop10.com (berbagai sumber)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga