26 November 2018

author photo
Wowuniknya.net - Dunia ini begitu banyak menyimpan misteri yang belum terpecahkan, berbagai ilmuan dari seluruh dunia berlomba-lomba untuk menyelidiki suatu tempat yang bahkan belum pernah terjamah sama sakali oleh manusia modern.

Baru-baru misionaris asal Amerika yaitu John Allen Chau menghilang di salah satu pulau paling tak terjamah yang dihuni oleh suku kuno.

Dilansir DW, Pulau Sentinel Utara di kepulauan Andaman, India, dihuni suku kuno yang tak mau diusik oleh peradaban. Mereka telah menempati pulau itu sejak 55.000 tahun yang lalu.

Kepulauan Andaman dan Nikobar
Suku Sentinel
Pulau Andaman dan Nikobar
Adalah salah satu dari tujuh wilayah persatuan India. Suku Sentinel menempatinya sejak 55.000 tahun lalu. Mereka dipercaya merupakan suku pra-neolitik terakhir di dunia. Akibat isolasi yang begitu lama, mereka sangat rentan terhadap virus. Karena itu suku Sentinel sangat agresif terhadap pendatang. Satu penyakit saja dapat memusnahkan seluruh populasi yang diperkirakan tinggal 50 hingga 150 jiwa.

Pulau Sentinel Utara yang tak tersentuh
Suku Sentinel
Anggota Suku Sentinel
Sejak abad ke-15 banyak misionaris Kristen mencoba menyebarkan ajarannya di kepulauan Andaman dan Nikobar. Para misionaris berhasil berinteraksi dengan masyarakat di kepulauan Nikobar dan beberapa daerah di kepulauan Andaman. Namun tidak di pulau Sentinel Utara. Suku Sentinel sangat tertutup dan bermusuhan dengan orang luar, juga sering menembaki panah ke arah pengunjung, termasuk pesawat.

Baca Juga : Pernah Mengalami Kehilangan, Inilah Hikmah Yang Bisa Diambil di Balik Kehilangan

Hidup dalam isolasi
Suku Sentinel
Suku Sentinel Hidup Terisolasi
Bahasa dan gaya hidup mereka tidak seperti orang India daratan, atau bahkan penduduk pulau Andaman lainnya. Suku Sentinel benar-benar terputus secara fisik, sosial, budaya dan ekonomi bahkan dari tetangga terdekatnya. Pada tahun 2006, dua nelayan memancing kepiting secara ilegal di pulau Sentinel Utara dan tidak kembali lagi.

Misionaris asal Amerika Serikat terbunuh
John Allen Chau
John Allen Chau (Kanan)
Misionaris asal Amerika Serikat John Allen Chau (kanan) yang mencoba melakukan kontak dengan mereka dikabarkan dibunuh oleh salah satu anggota suku Sentinel. Nelayan lokal secara ilegal mengangkut John ke pulau Sentinel Utara tanggal 14/11/2018. Laporan dari nelayan setempat suku Sentinel telah mengubur mayat yang tampaknya adalah John pada 17/11/2018.

(Ref: wowuniknya.net, Deutsche Welle, timesofindia, indianexpress, berbagai sumber)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga