03 November 2018

author photo
Anak remaja masa kini pastitidak asing dengan yang namanya galau. Bener gak si? Terkadang sedikit-sedikit galau, jadi terkadang malas untuk melakukan hal apapun.

Ada juga yang tadinya cerewet dan tiba-tiba diam seribu bahasa. Ada?

Semua itu karena kondisi emosi kita yang sedang tidak baik. Yuk simak, fase galau menurut pandangan psikolog!

1. Penyangkalan (Denial)

Kamu Perlu Tahu, Ini Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kecantikan!
Penyangkalan

Saat gak bisa nerima apa yang sedang menimpa atau terjadi pada kita, pasti kita menyangkal seperti "Hal ini nggak mungkin terjadi padaku". Atau mengungkapkan "Aku baik-baik saja kok", padahal you're totally not. 

Penyangkalan ini adalah reaksi yang normal saat kita merasa kehilangan. Bisa dibilang, ini seperti pertahanan dari dalam diri kita yang sifatnya sementara.

2. Marah (Anger)

Kamu Perlu Tahu, Ini Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kecantikan!
Marah

Kalau di tahap ini biasanya kita udah bisa menyadari realita, tapi tetep aja merasa marah dengan apa yang terjadi. Seperti "Kenapa harus aku?!", "Kenapa kayak gini sih!".

3. Menawar (Bargaining)

Kamu Perlu Tahu, Ini Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kecantikan!
Menawar

Mungkin kita akan menggumam "Seandainya waktu itu....".

Ya, di tahap ini kita masih berharap. Berharap ini adalah usaha kita untuk tawar-menawar dengan kesedihan yang sedang dialami. Hmm, namanya juga manusia, sedih pun masih berusaha ditawar ya hehehe

4. Depresi (Depression)

Kamu Perlu Tahu, Ini Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kecantikan!
Depresi

Ini nih tahapan yang bisa dibilang puncaknya kesedihan. Gak jarang dari kita yang ngerasa putus asa setelah ditinggalkan oleh orang yang kita sayangi. Kalau lagi di tahap ini biasanya cenderung menghindar dari orang-orang, dan ingin menghabiskan waktu untuk menangis saja di kamar. Biasanya sih kamu akan mengatakan "Aku sangat sedih", "Untuk apa aku hidup tanpa orang yang aku sayangi". 

Gak apa-apa kok, ini adalah tahap yang harus kamu lalui. Percayalah, jika kamu kehilangan sesuatu yang berharga, maka nanti akan digantikan dengan yang lebih berharga. Semangat!

5. Penerimaan (Acceptance)

Kamu Perlu Tahu, Ini Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kecantikan!
Penerimaan

"Semuanya akan baik-baik saja", "Aku nggak bisa ngelawan keadaan ini, aku akan siap". Begitu kira-kira yang ada di kepala kita saat mulai bisa menerima keadaan dengan ikhlas.

Tahapan terakhir ini menunjukkan kalau kita mulai menyadari bahwa yang telah hilang tidak bisa kembali lagi. Great! Ini adalah waktu yang tepat buat kamu untuk kembali bangkit.

(Ref: wowuniknya.net, idntimes.com, berbagai sumber)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga