23 Oktober 2018

author photo
Demensia adalah suatu kondisi di mana kemampuan otak seseorang mengalami kemunduran. Kondisi ini dapat ditandai dengan keadaan seseorang sering lupa akan sesuatu, keliru, adanya perubahan kepribadian, dan emosi yang naik-turun atau labil.

Banyak sekali penyebab yang membuat seseorang mengalami Demensia. Pada umumnya demensia terjadi karena penyakit-penyakit kronik seperti Stroke dan Parkinson.

Tapi diketahui penyebab utama penyakit demensia adalah alzheimer. Yuk simak gejala awal Demensia!

Jangan Anggap Sepele, Ini Gejala Awal Demensia!
Ilustrasi Demensia

1. Pikun ingatan jangka pendek

Pikun adalah gejala awal demensia yang paling mudah dikenali. Pikun ditandai dengan kesulitan untuk mengingat hal-hal yang baru saja terjadi.

Misalnya, Anda tidak sadar meletakkan kunci rumah di kamar mandi atau menaruh ponsel di dalam kulkas. Namun, Anda tak bisa mengingat-ingat lagi barang-barang tersebut ditaruh di mana tadi. Atau Anda dapat mengingat peristiwa 10 tahun yang lalu dengan jelas, tapi lupa ketika ditanya tadi pagi sarapan dengan apa. Bisa juga kesulitan mengingat apa yang hendak dilakukannya saat memasuki kamar.

2. Sulit menemukan kata yang pas

Gejala lainnya dari demensia ialah ketika seseorang mengalami kesulitan menemukan kata yang pas untuk mengomunikasikan apa yang ada di pikirannya. Maka saat Anda berbicara dengan orang yang memiliki demensia, Anda perlu usaha lebih untuk bisa mengartikan dan menyimpulkan apa yang ingin disampaikannya.

3. Kesulitan menyelesaikan tugas yang biasa dilakukan

Orang dengan demensia dini biasanya mengalami perubahan kemampuan dalam menyelesaikan tugas. Tugas-tugas yang biasa dilakukannya kini terasa lebih sulit. Apalagi pada tugas yang lebih rumit dan membutuhkan konsentrasi penuh.

4. Mengerjakan hal yang sama berulang kali

Orang dengan demensia dini biasanya cenderung melakukan hal yang sama berulang kali. Misalnya, menyapu rumah lebih dari sekali karena tidak mengingat bahwa ia sebenarnya sudah membersihkannya. Selain itu, orang dengan demensia dini juga dapat mengulang pertanyaan yang sama berulang kali bahkan setelah Anda baru saja menjawabnya.

5. Kesulitan mengerti arah

Orang dengan gejala demensia awal akan mengalami masalah dengan kemampuan untuk membaca arah dan mengenali daerah yang dikenalnya, sehingga ia tidak lagi paham ke mana arah jalan pulang.

6. Kebingungan

Ketika orang yang demensia mengalami berbagai perubahan memori seperti lupa mengenali wajah seseorang dan menemukan kata yang tepat saat berbicara, ia akan mengalami kebingungan. Apalagi ketika di tengah jalan ia disapa oleh orang lain tanpa ia tahu siapa orang yang menyapanya.

7. Apati

Apati atau kuranya emosi, minat, dan juga motivasi sering menjadi penanda seseorang mengalami demensia. Kondisi ini menyebabkan seseorang kehilangan keinginan untuk melakukan hal menyenangkan seperti bercengkerama dengan keluarga.

(Ref: wowuniknya.net, hellosehat.com, beritasatu.com,berbagai sumber)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga