11 Februari 2018

author photo
Tinggal di sebuah pusat kota memang menyenangkan apalagi didukung dengan fasilitas umum yang sangat memadai dan canggih, pastinya sangat menyenangkan, jika anda ditanya ingin tinggal di kota yang mempunyai teknologi canggih dan cerdas, apakah jawaban anda, pastinya anda akan menjawab ya bukan.

Dilansir DW, Saat ini berbagai kota baru sedang dirancang di seluruh dunia, untuk kurangi tekanan terhadap metropolitan yang sudah ada. Target kota canggih adalah kondisi bagus untuk bekerja dan bermukim dan tidak menyebabkan polusi.

1. Neom, Arab Saudi. Masa Depan di Gurun Pasir

1. Neom, Arab Saudi. Masa Depan di Gurun Pasir
Pangeran Mahkota Arab Saudi Muhammed bin Salman mempromosikan, Neom akan jadi kota paling aman, efektif dan modern di dunia. Kawasan ekonomi istimewa di tepi Laut Merah itu direncanakan menelan biaya 500 milyar US Dolar. Kota canggih yang ramah lingkungan itu akan menawarkan lapangan kerja bagi orang muda. Pembangunannya akan tuntas 2025.

2. Masdar City, Abu Dhabi. Kota hantu nan hijau

2. Masdar City, Abu Dhabi. Kota hantu nan hijau
Seyogyanya kota canggih Masdar City di Uni Emirat Arab rampung pembangunannya 2016. Kini target pembangunan kota yang sepenuhnya akan bebas emisi itu diundur ke 2030. Organisasi Internasional bagi Energi Terbarukan, IRENA, dan perusahaan seperti Siemens sudah membuka cabang di sana, tetapi penduduknya tidak ada.

3. Maidar City, Mongolia. Kota ekologis di sabana

3. Maidar City, Mongolia. Kota ekologis di sabana
Ibukota Mongolia, Ulan Bator tercekik dalam smog dan lalulintas padat. Sebagai solusi direncanakan kota baru di sebelah Selatan ibukota, yaitu Maidar City. Hingga 2030 di sini rencananya antara 90.000 sampai 300.000 orang akan hidup secara ekologis dan ramah iklim. Demikian rencana arsitek asal Köln Stefan Schmitz. Simbol kota itu adalah patung Buddha terbesar di dunia.

4. Lingang New City, Cina. Kota pelabuhan baru

4. Lingang New City, Cina. Kota pelabuhan baru
Lingang New City, di dekat kota metropolitan Shanghai, Cina, akan jadi pusat perekonomian baru. Rancangannya dibuat perusahaan kontraktor dari Hamburg: Gerkan, Marg und Partner. Rencananya, kota akan dapat dihuni 800.000 orang. Lapangan kerja juga akan cukup dan standar sosial baik.

5. Songdo, Korea Selatan. Kota terpintar di dunia.

5. Songdo, Korea Selatan. Kota terpintar di dunia.
Songdo ditargetkan jadi kota paling pintar di dunia. 100.000 orang sudah tinggal di sini, dan sebagian besar kaya. Lalu lintas, polisi, apartemen pribadi, semuanya terhubung secara digital dan dilengkapi kamera serta sensor.

6. Eko Atlantic City, Nigeria. Manhattan di Afrika

6. Eko Atlantic City, Nigeria. Manhattan di Afrika
Di Lagos, Nigeria pekerjaan konstruksi mulai berjalan untuk pendirian pusat ekonomi mewah dan tempat tinggal untuk sekitar 250.000 orang. Di lokasi bernama Eko Atlantic City akan berdiri pusat perbelanjaan, pelabuhan yacht dan gedung-gedung tinggi. Di Nigeria lebih dari setengah populasi hidup dalam kemiskinan. Kritikus menilai Eko Atlantic tempat eksklusif dan tertutup hanya bagi warga kaya.

7. Belmont Smart City, USA. Bill Gates City

7. Belmont Smart City, USA. Bill Gates City
Pendiri Microsoft Bill Gates ada di balik rencana pendirian Belmont Smart City di Arizona, AS. Lokasinya sekitar 70 km dari kota Phoenix, kota baru itu akan cukup untuk dihuni 200.000 orang. Ini jadi tempat untuk menguji berfungsinya jaringan Smart Home, Smart Work dan Smart City. Proyeknya baru dalam tahapan sangat awal.

8. Quayside, Toronto, Kanada. Google Town

8. Quayside, Toronto, Kanada. Google Town
Perusahaan induk Google, Alphabet Holding, mendirikan kawasan hunian baru di Toronto, Kanada.(Foto: PM Justin Trudeau saat peresmiannya.) Sekitar 10.000 orang akan tinggal di sini dengan layanan jaringan digital canggih.

(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, Deutsche Welle, Helle Jeppesen, berbagai sumber)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga