14 Mei 2017

author photo
Konsep superpower dan superhero adalah hal yang sangat disukai manusia. Terbukti dari larisnya buku komik dan juga tingginya minat masyarakat terhadap film fiksi ilmiah yang menceritakan petualangan superhero.

Tentu Anda sadari bahwa banyak superhero yang memiliki superpower dengan basis dari kekuatan binatang. Bisa kita ambil contoh Spider-Man, Batman, Ant-Man, hingga Catwoman. Hal ini sedikit membuktikan bahwa sebenarnya binatang mempunyai superpower, meski itu adalah kekuatan umum yang dimiliki binatang tersebut.

Meski demikian, sebenarnya banyak sekali binatang yang mempunyai kekuatan super asli, yang lebih nyata dari superhero-superhero yang kita kenal di kisah fiksi ilmiah seperti dilansir dari laman Merdeka.

Berikut beberapa hewan yang kekuatan supernya melebihi superhero.

1. Kumbang bombardir

Kumbang bombardir
Banyak sekali hewan yang memiliki mekanisme bertahan yang unik untuk memproteksi dirinya dari predator. Salah satu jenis pertahanan yang dilakukan adalah dengan menyemprotkan sebuah substansi berbahaya yang berupa racun atau zat mengganggu lain. Salah satu yang melakukan ini adalah kumbang bombardir atau bombardier beetle.

Kumbang ini pada dasarnya adalah bom berjalan, karena ia memiliki sistem biologis yang rumit di mana tubuhnya bisa menghasilkan berbagai zat kimia di tubuhnya. Zat kimia ini mampu menghasilkan reaksi eksotermik yang kuat, hingga bisa menyemprotkan cairan mendidih. Hal ini bisa langsung membunuh predatornya seketika.

2. Udang mantis

Udang mantis
Warnanya yang indah akan membuat orang tidak menyangka kalau hewan ini adalah hewan yang kuat. Namun kenyataannya, udang mantis adalah salah satu hewan terkuat, di mana dia sering diasosiasikan sebagai 'Hulk.'

Udang ini punya panjang sekitar 10 centimeter saja, namun cakarnya sangat kuat dan punya kekuatan layaknya senapan. Kaca akuarium tak akan bisa mengurungnya, karena kaca tersebut akan dipecah. Selain itu, cangkang kepiting akan dengan mudah dia rusak.

Belum lagi, udang mantis ini memiliki mata yang punya 16 buah kerucut reseptif warna, di mana ini 5 kali lebih banyak dari manusia. Hal ini membuat udang ini mampu melihat sinar inframerah dan sinar ultraviolet.

3. Ubur-ubur Turritopsis Dohrnii

Ubur-ubur Turritopsis Dohrnii
Menjadi imortal atau tidak bisa mati adalah tujuan yang banyak sekali diimpikan para ilmuwan serta umat manusia. Meski demikian, hal ini dianggap tak mungkin untuk dimiliki oleh makhluk yang hidup.

Asumsi ini akhirnya hidup ketika ilmuwan menemukan ubur-ubur Turritopsis Dohrnii yang dikenal sebagai ubur-ubur yang tak bisa mati. Nama ini muncul dari sebuah fakta di mana ubur-ubur ini bisa kembali menjadi fase anak-anak secara seksual. Hal ini membuatnya bisa 'menunda' kematian dan tak bisa mati secara biologis karena dia tak bisa tua seperti organisme lain.

4. Axolotl

Axolotl
Axolotl sebenarnya cukup mirip secara karakteristik dengan salamander lainnya. Namun sebenarnya ada dua perbedaan mendasar yang membuat Axolotl unik. Pertama, amfibi ini sangat jarang menjadi dewasa secara penuh. Dia akan tetap menjadi muda di habitat air. Selain itu, kemampuan regenerasi dari Axolotl ternyata sangat luar biasa.

Apapun yang Anda lakukan ke hewan berbentuk imut ini, tak akan membuatnya hancur. Mulai dari mengambil beberapa bagian tubuhnya, mengambil organnya, atau bahkan mencabut sum-sum tulang belakangnya, Axolotl akan segera melakukan regenerasi.

Lebih mengerikan lagi, kemampuan regenerasinya sampai ke tingkat jaringan. Jadi tak akan ada bekas luka di bagian yang teramputasi. Selain itu, berapa kalipun regenerasi, bentuknya akan selalu sempurna.

5. Udang pistol

 Udang pistol
Sama seperti udang mantis, kemampuan udang pistol adalah melesatkan sesuatu dari tubuhnya. Sesuai namanya, yang disemprotkan pun layaknya pistol.

Menggunakan cakar khusus yang memiliki rangkaian otot kompleks yang bisa berkontraksi dalam kecepatan tinggi, udang ini bisa melesatkan 'peluru' air yang punya kekuatan 30 meter per detik. Tembakannya sangatlah kuat hingga air memanas hingga suhu 4500 derajat celcius. Temperatur ini setara dengan suhu permukaan matahari, dan kilatan cahaya pun tak terelakkan. Selain itu, suara yang dihasilkan bisa 50 desibel lebih keras ketimbang tembakan dari pistol asli.

6. Kambing Ibex dari pegunungan Alpen

Kambing Ibex dari pegunungan Alpen
Kambing ini sangat berbeda dengan kambing yang biasa kita lihat, karena kambing ini punya kamampuan seuper berupa memanjat di permukaan apapun, meski curam. Kemampuan ini diperoleh melalui evolusi pada spesiesnya yang hidup di pegunungan curam yang berbatu.

Uniknya, binatang yang dilestarikan di berbagai taman nasional di Eropa, terutama italia ini, kini justru makin lihai untuk memanjat karena medan yang makin bervariasi di habitat barunya. Bahkan, kini mereka bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya melewati sebuah bendungan yang vertikal, tanpa sedikitpun terjatuh.

7. Tardigrades

Tardigrades
Tardigrade adalah hewan mikroskopik yang dikenal sebagai binatang yang terkuat di dunia. Ia dijuluki demikian karena kemampuannya untuk bertahan di kondisi ekstrem apapun. Dia akan bertahan di kondisi yang organisme mana pun akan mati jika berada di sana.

Ilmuwan telah menunjukkan bahwa Tardigrade mampu tahan di suhu minus 300 derajat hingga 150 derajat celcius. Mereka bisa hidup tanpa makanan atau air selama 30 tahun, sebelum akhirnya regenerasi. Mereka bisa hidup di antariksa tanpa udara. Selain itu, paparan radiasi yang besarnya 5 kali lebih kuat ketimbang paparan yang bisa membunuh manusia, tak akan membunuhnya.

Baca Juga :
  1. Berjualan Hingga Larut Malam, Kisah Bocah Ini Sangat Menyentuh Hati
  2. Nauzubillahiminzalik, Orang-orang Ini Bibir dan Lidahnya Dipotong dengan Gunting Api
  3. Unik, Merasa Bosan Murid-murid ini Membuat Coret-coretan Yang Tidak Biasa
  4. 7 Tanda Anda Miliki Kemampuan Supranatural
  5. Serem! 4 Pemain Ini Sekarat di Lapangan

(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, merdeka, berbagai sumber)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga