25 Januari 2017

author photo
Tidak bisa dipungkiri bahwa kerusakan hutan, laut, maupun alam sekitar terjadi setiap hari, informasi tersebut seringkali kita dapatkan dari berbagai macam media seperti televisi, internet, radio, dan media-media lainnya. Padahal kita tahu semua bahwa keberadaan hutan sangatlah penting bagi kehidupan didunia ini dianataranya sebagai paru-paru dunia, mengendalikan bencana alam, rumah bagi flora fauna, dan masih banyak lagi.

Ulah manusia telah mengancam keberadan berbagai jenis hewan dan tanaman. Jika tidak segera ada upaya untuk melindungi kelestarian mereka, umat manusia akan turut terancam binasa. Ketahuilah bahwa dampak kerusakan hutan sangatlah merugikan bagi kehidupan. Oleh sebab itu kita harus bisa menjaga dan melindungi hutan maupun alam sekitar kita dari kerusakan. 

1. Penyelamat Hutan

Tanpa Makhluk Hidup Ini Manusia Akan Musnah
Hampir sepertiga dari spesies primata terancam punah. Begitu juga dengan gorila dataran rendah di Afrika. Hewan primata berandil besar pada kelangsungan kehidupan di hutan. Merekalah yang terutama menyebarkan bibit tanaman di hutan. Dengan demikian, secara tidak langsung, mereka memastikan bahwa CO2 yang cukup diserap dari atmosfer - yang mana hal ini baik untuk iklim bumi.

2. Bukan Sekedar Produsen Madu

Tanpa Makhluk Hidup Ini Manusia Akan Musnah
Jika lebah punah, keberadan umat manusia juga terancam. Serangga ini beradil dalam proses penyerbukan sekitar 80 persen dari tanaman pangan. Tapi pestisida dan hilangnya habitat alami mereka membuat keberadaan lebah terancam. Di Jerman saja, jumlah kelompok lebah telah berkurang drastis, dari 2,5 juta menjadi kurang dari satu juta.

3. Melestarikan Tumbuhan di Kegelapan

Tanpa Makhluk Hidup Ini Manusia Akan Musnah
Hanya satu dari lebih dari seratus spesies kelelawar adalah pengisap darah. Sisanya adalah penjaga keseimbangan populasi serangga dan membantu dalam penyerbukan bunga. Kepunahan hewan malam ini akan berdampak besar pada dunia tumbuhan, dan secara tidak langsung juga akan mengancam kehidupan manusia.

4. Indikator Ekosistem

Tanpa Makhluk Hidup Ini Manusia Akan Musnah
Kulit katak memiliki pori-pori yang mampu menyerap berbagai unsur dari sekitarnya. Kematian katak biasanya merupakan indikasi bahwa ada sesuatu yang salah dalam ekosistem. Sistem imun mereka yang luar biasa, juga memiliki potensi bagi penelitian di bidang kedokteran.

5. Yang Diremehkan

Tanpa Makhluk Hidup Ini Manusia Akan Musnah
Bahwa mereka berandil besar bagi kelangsungan ekosistem kerap diabaikan. Organisme kecil ini merupakan "pemberi“ makan miliaran hewan laut. Selain itu, mereka juga menyediakan sekitar setengah kandungan oksigen di bumi. Tanpa plankton mungkin tidak ada kehidupan lagi di bumi.

6. Perawat Hutan

Tanpa Makhluk Hidup Ini Manusia Akan Musnah
Semut berandil besar di bidang pertanian. Dibandingakan cacing, semut lebih menggemburkan tanah. Selain itu mereka juga berperan dalam mengendalikan hama, mendistribusikan benih tanaman, dan juga sebagai makanan bagi hewan hutan lainnya.

7. Spesialis Daur Ulang

Tanpa Makhluk Hidup Ini Manusia Akan Musnah
Jamur bertanggung jawab untuk memastikan bahwa tanaman menyerap nutrisi dan air dari tanah. Tanpa jamur, tanaman sudah punah sejak 600 juta tahun lalu. Jadi tanpa jamur, manusiapun tidak ada.

Nah mulai dari sekarang yukk kita lindungi lingkungan sekitar kita dari kerusakan mulai dari yang gampang dan juga selalu membuang sampah pada tempatnya, dikarenakan kita hidup di dunia ini tidaklah sendiri.

Baca Juga :
  1. Kualitas Internetmu Buruk? Google Rilis Versi Offline Untuk Android
  2. 10 Tanaman Hias Yang Bisa Menangkal Racun
  3. Ini Lah Penyebab Dari Pembekakan Pada Lutut
  4. Hati-Hati! 5 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Hubungan Kamu Hancur
  5. Wow, Norwegia Jadi Negara Pertama Yang Meniadakan Gelombang Radio FM

(ref: sandk, catatansandk.com, dw.com, Maike Verlaat, berbagai sumber)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga