12 September 2016

author photo
Mata ibaratnya jendela dunia. Dengan mata kita dapat merasakan keindahan dunia ini. Namun apa jadinya kalau mata kita terganggu? Sebagian orang mungkin mengalami gangguan pada matanya seperti katarak, glukoma, rabun jauh dan sebagainya. Gangguan mata yang umum terjadi seperti itu biasanya memang mudah ditangani oleh dokter ahli mata. Tetapi beberapa penyakit mata dibawah ini sulit disembuhkan secara medis karena tingkat kelainannya terlalu ekstrem.

Berikut ini beberapa manusia dengan kelainan mata paling aneh dalam dunia medis.

1. Polycoria (Lebih Dari Satu Pupil)


Polycoria adalah kondisi dimana dalam satu bola mata memiliki dua pupil atau lebih. Kelainan mata ini memang belum diketahui pasti penyebabnya. Uniknya, meski memiliki dua pupil atau lebih dalam satu bola mata, penderita tidak akan mengalami gangguan penglihatan. Hanya merasa kurang nyaman pada cahaya yang terlalu terang.

2. Sindrom Mata Kucing


Kondisi ini merupakan kelainan kromosom yang sangat langka dan biasanya muncul sejak lahir dan akan dialami seumur hidup. Munculnya sindrom mata kucing diketahui akibat tidak adanya jaringan di mata sehingga pupil menyempit dan terdorong ke iris. Sindrom ini juga akan mempengaruhi kinerja jantung, ginjal, telinga dan sistem kerangka. Bahkan pada beberapa kasus, sindrom mata kucing juga menyebabkan hiperaktif dan cacat mental ringan.

3. Haemolacria (Menangis Darah)


Menangis darah, kedengarannya cukup menyeramkan ya? Dan memang kondisi ini menyeramkan karena tiba-tiba keluar darah seperti air mata yang mengalir dari mata penderita. Sindrom ini sangat langka dan jarang ditemukan di seluruh dunia, meski ada beberapa penderitanya.

Dan umumnya penderita akan mengalami sakit di kepala sebelum tiba-tiba pendarahan muncul dari mata. Meski penyebabnya belum diketahui secara pasti setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan, namun beberapa penderita sembuh dengan sendirinya tanpa perawatan medis.

4. Mata Merah


Normalnya mata berwarna hitam, coklat, biru atau abu-abu, namun ternyata di dunia ini ada juga beberapa orang yang terkena kondisi langka yaitu mata merah. Meski umumnya mata merah dimiliki oleh penderita albino saja, namun ternyata ada beberapa orang yang terkena sindrom mata merah. Hal ini disebabkan kurangnya kadar melanin pada mata sehingga warna mata berubah menjadi merah. Mata merah juga menyebabkan fotofobia yaitu sebuah kondisi yang membuat penderitanya kesakitan ketika melihat cahaya terang.

5. Mata Bintang


Selain aneh, kondisi mata bintang juga sangat langka terjadi di dunia. Namun pria Austria pernah mengalami kondisi seperti ini setelah terkena pukulan di matanya beberapa bulan sebelumnya. Ketika penglihatannya memburuk, ia pun berkunjung ke dokter spesialis mata. Para dokter terkejut mendapati kelainan aneh ini dimana didapati katarak berbentuk bintang sempurna. Lalu katarak pun dihilangkan dan diganti dengan lensa.


Kondisi yang sama juga dialami oleh seorang teknisi listrik yang sempat terkena sengatan listrik sehingga memiliki katarak berbentuk sama dengan pria Austria tadi. Menurut pendapat medis, mata bintang dapat terbentuk karena terkena tekanan keras pada mata sehingga memunculkan gelombang kejut yang merusak struktur lensa.

6. Heterochromia (Beda Warna Mata)


Heterochromia adalah suatu kondisi dimana warna pada kedua mata berbeda antara kiri dan kanan. Kondisi ini biasanya disebabkan karena faktor genetik atau keturunan, namun tidak menutup kemungkinan karena kelainan sejak bayi dalam kandungan.

Kebanyakan penderitanya memiliki warna mata yang tidak jauh berbeda, hanya sedikit perbedaan warna antara kedua bola mata. Namun beberapa penderita mengalami kondisi beda warna total antara kedua bola mata seperti mata kanan berwarna biru dan mata kiri berwarna coklat.

7. Mata Ditumbuhi Bulu



Memang hampir seluruh tubuh manusia tertutup bulu, namun bagaimana bila mata juga ditumbuhi bulu? Kondisi mengerikan ini memang sangat langka dan jarang sekali ditemukan. Namun seorang remaja berumur 19 tahun, Ali Mahdavi Fard mengalami kondisi aneh ini, dimana ia memiliki jaringan rambut di salah satu bola matanya.

8. Kim Goodman


Kim Goodman memang tidak memiliki kelainan mata, namun memiliki keunikan pada sel matanya, dimana ia mampu mengeluarkan bola mata sejauh 12 milimeter. Dengan kemampuannya ini, Kim pun berhasil meraih rekor dengan tonjolan mata terjauh di dunia.

Itulah beberapa manusia dengan kelainan mata paling aneh yang cukup mengerikan. Karena itu, jagalah mata Anda dengan sebaik-baiknya, karena melalui mata lah Anda dapat menikmati dan menyaksikan keindahan dunia ini.

Sumber : serbaunik.net (berbagai sumber)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga