04 Mei 2016

author photo
Oleh STMIK RAHARJA
DOSEN : META AMALYA DEWI, M.KOM

Masalah yang akan kita pecahkan adalah masalah perpustakaan universitas. Aplikasi yang ingin dikembangkan harus dapat mendukung pencarian bahan-bahan pustaka yang meliputi: buku, video dan CD ROM. Users akan memasukan Identitas (ID) anggota perpustakaan untuk menggunakan sistem pencarian melalui katalog pustaka.

Persyaratan
Setiap peminjaman dibatasi maksimum 5 item dimana waktu peminjamannya buku 14 hari, video 2 hari dan CD ROM 7 hari. Jika terlambat dikenakan denda untuk buku $0,5/hari, video $1,5/hari dan CD ROM $2,5/hari. Denda maksimum adalah $25 (tidak boleh pinjam lagi yang baru kalau belum dilunasi).

Spesifikasi Masalah

Perpustakaan universitas minta dibuatkan sistem yang mendukung kegiatan perpustakaan. Pustakawan memperbolehkan mahasiswa meminjam beberapa bahan pustaka, mengembalikan bahan pustaka yang dipinjam, dan membayar denda.

Jenis             Denda per hari Lama peminjaman
Buku:           $ 0.50               14 hari
Video:          $ 1.5                  2 hari
CD Roms     $ 2.50                7 hari

Tanggal peminjaman dimulai ketika bahan pustaka yang dipinjam dikeluarkan. Mahasiswa yang sudah meminjam 5 jenis bahan pustaka atau denda lebih dari 25.00 tidak diperkenankan mendapat pinjaman bahan pustaka yang baru.

Identifikasi Kelas-kelas
Abstraksi kunci dari pelaku-pelaku (obyek) yang memberikan model solusi adalah:
  1. Librarian (Pustakawan)
  2. User (Pemakai/Mahasiswa)
  3. Book (Buku)
  4. Video (Video)
  5. CD Rom
  6. 5 bahan pustaka 
Diagram Kelas
  1. Diagram kelas memperlihatkan keberadaan dari kelas-kelas dan hubungan diantara mereka dalam pandangan logis dari sistem.
  2. Pertama mengidentifikasi kelompok awal dari kelas-kelas: pemakai (user), pustakawan (librarian), koleksi (collection), peminjam (borrower) , bahan pustaka (lendable), buku (book), video, CD ROM, dan tanggal (date).
  3. Kita dapat menarik garis-garis antara kelas untuk menggambarkan suatu hubungan. 
  4. Dua kelas yang terhubung dapat memanggil suatu metoda atau menukar pesan-pesan.


Kenapa tidak satu kelas saja?
Beberapa perilaku (persyaratan) berbeda:
  • Perhitungan lama peminjaman
  • Perhitungan denda keterlambatan
Data berbeda
  • Buku memiliki ISBN
  • Video dapat diberi identifikasi studio
Dapat dihimpun dalam kelas abstrak bahan pustaka (lendable)
  1. Panah ditarik dari subkelas ke super kelas.
  2. Panah dari tiga kelas-kelas bahan pustaka ke kelas lendable menunjukkan inheritance dalam notasi blooch, artinya buku, video dan CD ROM adalah obyek-obyek untuk dipinjamkan.
  3. Pada gambar berikutnya titik hitam pada akhir garis menunjukkan adanya hubungan dimana kelas dengan titik hitam menunjukkan sisi pemilik (owner) atau pengguna fasilitas.


Diagram Obyek
  • Diagram obyek tujuannya untuk memperlihatkan keberadaan obyek-obyek, hubungan antara obyek dalam pandangan logis dari sistem, dan bagaimana mereka melaksanakan suatu skenario tertentu atau kasus.
  • Dalam suatu skenario, kita mengidentifikasi setiap tugas (task) yang harus ditangani sistem dan memberikan tugas tersebut ke kelas yang menangani ini.
  • Metode Blooch kadang kala mengacu pada suatu teknik perancangan disebut metoda responsibility-driven design.



Diagram Modul

Diagram modul memperlihatkan alokasi dari kelas-kelas dan obyek-obyek ke modul-modul dalam tampilan fisik suatu sistem.


Menrancang C++ Class Definitions


Contoh



UML Diagram



Download Materi PPT (HERE)
Download Materi Praktek DOC (HERE)

Harap Pergunakanlah Materi Dengan Bijak!!!!!......................

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga