12 Januari 2019

author photo
Erupsi Gunung Anak Krakatau @Nasa Earth
Wowuniknya.net - Gunung anak krakatau menjadi gunung berapi paling aktif di dunia, dari tahun 1950an gunung ini terus menerus erupsi dan membentuk sebuah pulau.

Pada tanggal 22 Desember 2018 Gunung Anak Krakatau erupsi dan mengakibatkan sebagian badan gunung longsor aktifitas inipula yang membuat tsunami yang menghantam daerah pesisir banten dan lampung seperti anyer dan tanjung lesung, padahal para ilmuan memperkirakan gunung berapi setinggi 305 m ini belum akan mengancam kehidupan manusia namun takdir berkata lain.

Sejarah terciptanya gunung anak krakatau pun mulai diperbincangkan, bagaimana gunung ini dapat tercipta dari terdahulunya mari simak artikel sejarah terciptanya gunung anak krakatau yang dilansir DW.

Krakatau Menjemput Matahari
Ilustrasi Letusan Gunung Krakatau
Ilustrasi Letusan Gunung Krakatau
Sekitar 47 tahun setelah gunung Krakatau meletus dan menghilang ditelan ledakan dahsyat pada 1883, bongkahan lava menyeruak ke atas permukaan laut Selat Sunda. Ia mengering dan membentuk kubah kecil. Pada tahun 1930 itu Krakatau kembali menyapa matahari. Penduduk menamainya Anak Krakatau.

Gerbang Menuju Perut Bumi
sejarah Gunung Anak Krakatau
Lava Pijar Gunung Anak Krakatau
Sejak dekade 1950an, gunung api berusia muda ini tumbuh pesat, mencapai 13cm per pekan atau mencapai tujuh meter per tahun. Penyebabnya adalah geliat magma yang tak henti-henti di perut Bumi. Karena Krakatau terletak di atas zona subduksi yang ketika aktif melumerkan batuan menjadi lava. Fenomena inilah yang memompa pertumbuhan Anak Krakatau.

Erupsi Tak Henti-henti
sejarah Gunung Anak Krakatau
Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda
Sejak 1950an, Anak Krakatau meletus dalam rentang satu hingga maksimal dua tahun. Hanya antara 1988-1992 dan 2001-2007 gunung api yang kini mencapai ketinggian 300an meter di atas permukaan laut tersebut membisu untuk waktu yang relatif panjang. Sejak 2015 Anak Krakatau kembali memasuki periode aktif.

Baca Juga : 

Kejutan Muram di Akhir Tahun
sejarah gunung anak krakatau
debu vulkanik gunung anak krakatau
Ilmuwan sempat meyakini Anak Krakatau hanya akan kembali mengancam jika mencapai ketinggian serupa sang ibu, yakni 800an meter di atas permukaan laut. Namun erupsi pada 22 Desember 2018 tercatat sebagai yang paling mematikan dalam sejarah Anak Krakatau.

Maut Mengintai di Pinggir Laut
Sejarah gunung anak krakatau
Erupsi Gunung Anak Krakatau
Serupa seperti letusan Krakatau pada 1883, geliat vulkanik Anak Krakatau menciptakan gelombang tsunami yang menewaskan hampir 500 orang di Banten dan Lampung. Gelombang air itu tercipta ketika punggung gunung seluas 44 hektar amblas ke dalam laut. Erupsi yang terjadi secara terus menerus memicu kekhawatiran terhadap tsunami lanjutan di Selat Sunda.

(ref: wowuniknya.net, dw)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga