14 Agustus 2018

author photo
Seragam Pramuka adalah pakaian yang digunakan oleh semua anggota Gerakan Pramuka Indonesia. Warna seragam Pramuka adalah coklat muda dan coklat tua. Warna tersebut dipilih karena merupakan salah satu warna yang digunakan para pejuang Indonesia ketika masa perang kemerdekaan. Seragam Pramuka berfungsi sebagai sarana pendidikan dan identitas bagi anggotanya guna meningkatkan citra Gerakan Pramuka. Sedangkan tujuan penggunaan Seragam Pramuka adalah agar anggota Pramuka yang mengenakannya dapat berahlak sesuai Satya dan Darma Pramuka, memiliki jiwa korsa dan berdisiplin.

Pastinya kamu tidak asing bukan dengan yang namanya seragam pramuka, karena dari kita SD saja juga sudah menggunkan seragam tersebut. Mungkin saja kamu pernah bertanya-tanya kenapa seragam pramuka berwarna coklat. Filosofi apa yang terkandung dalam warna tersebut? Yuk langsung saja simak!

Seragam Pramuka

1. Pakaian Pejuang Kemerdekaan

Kamu pasti sering melihat gambar atau di film, para tokoh baju atasan dan celana berwarna cokelat muda. Salah satu lainnya juga menggunakan pakaian berwarna putih dan hitam, tapi tetaplah warna yang paling menarik di medan perang.

Oleh karena itu, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka memutuskan untuk mengenakan seragam mereka yang berwarna cokelat. Hal ini secara langsung Diperoleh dalam Bab 1 Pasal 5 Ayat b di dalam Langkah Penyelenggaraan Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka. Tujuannya, agar para anggotanya tidak menyenangkan para pejuang kebebasan yang telah berjuang untuk negara.

2. Warna Tanah dan Air 

Anggapan ini memang belum secara resmi keputusan Kwartir Nasional. Akan tetapi, sebagian orang di Indonesia memaknai warna cokelat sebagai kiasan warna tanah dan udara di Indonesia. Warna-warna muda pada baju mencetak udara yang mengalir di seluruh penjuru negeri. Sedang warna cokelat tua pada celana atau rok menyiratkan warna tanah negara kita. 

Secara keseluruhan, pakaian Pramuka yang dipadukan sapu tangan leher berwarna merah-putih ini memiliki arti bahwa putra-putri Ibu Pertiwi harus selalu siap sedia mempertahankan kibaran bendera di tanah airnya.

3. Tunas kelapa

Pramuka sangat identik dengan tunas kelapa, berdasarkan sejarah, penemu ide ini adalah Soenardjo Atmodipurwo, seorang tokoh Pramuka yang juga merupakan pegawai tinggi di kementerian Pertanian.

Ada beragam alasan mengapa tunas kelapa dijadikan sebagai tanda pengenal resmi. Beberapa di contohnya, tunas kelapa diartikan sebagai tunas penerus bangsa, dan buah kelapa yang tahan lama juga sifat-sifat anggota Pramuka yang kuat jasmani maupun rohani.

Filosofi lainnya, buah kelapa dapat tumbuh di berbagai jenis, yang memungkinkan anggotanya juga mampu beradaptasi dalam kondisi apapun. Atas dasar itu, akhirnya diputuskanlah warna tunas kelapa (cokelat) sebagai dasar warna pakaian Pramuka.

4. Inisiatif Bapak Pramuka

Kamu pasti tahu dengan Baden Powell kan? Bapak Pramuka Sedunia ini senang sekali melakukan perjalanan yang begitu jauh, sehingga tidak akan terjadi perubahan warna.

Hal ini karena tubuh yang masuk ke dalam lumpur basah, dan menjadi kering di badannya. Akhirnya, seluruh tubuh dan pakaiannya pun menjadi cokelat. Saat ini, Powell tertarik menginisiasikan warna cokelat untuk seragam anggota Pramuka. Tujuannya, agar tidak mudah kotor mengkompilasi sedang berpetualang.

(Ref: wowuniknya.net, vemale.com, berbagai sumber)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga