01 Mei 2018

author photo
Masyarakat Indonesia sampai saat ini masih saja mempercayai hal-hal gaib, salah satunya keberadaan istana jin. Ada yang menyebut hanya mitos, tapi ada juga yang percaya keberadaan istana jin. Cerita itu masih ada dan diceritakan dari generasi ke generasi.

Dilansir Merdeka dari berbagai sumber tempat-tempat yang dipercayai masyarakat sebagai istana jin. Berikut daftarnya:

1. Kerajaan di Laut Selatan

Kerajaan di Laut Selatan
Lautan Selatan selalu disangkut-pautkan dengan mitos keberadaan Ratu Pantai Selatan beserta kerajaan gaibnya. Salah satunya adalah tentang kerajaan laut selatan yang berhubungan dengan Raja Kerajaan Mataram beserta keturunannya. Konon katanya, cikal bakal legenda Ratu Pantai Selatan berasal dari permaisuri Prabu Siliwangi.

Menurut cerita, permaisuri Prabu Siliwangi melakukan ritual mekso atau mengubah diri menjadi makhluk gaib dengan menceburkan diri ke laut. Saat itu sang permaisuri sedang mengandung dua orang putri, yang satu dikenal dengan nama Nyi Roro Kidul sang penguasa pantai selatan pulau jawa, sedangkan yang lagi satu bernama Dewi Lanjar penguasa utara pantai Jawa.

2. Kerajaan Gaib Alas Purwo

Kerajaan Gaib Alas Purwo
Alas Purwo dikenal sebagai taman nasional yang terletak di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Alas Purwo juga dikenal sebagai kerajaan jin paling besar yang ada di Indonesia. 

Disebut demikian karena aura mistis yang terdapat dalam hutan ini sangat kental, sehingga tempat ini dikenal dengan keangkerannya.

3. Pulomas, Kerajaan Gaib yang berlapis emas

Pulomas, Kerajaan Gaib yang berlapis emas
Pulomas terletak di Kampung Pulomas, Desa Centigi Sawah, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Di tempat ini terdapat sebuah rawa, tapi jika seseorang yang memiliki bakat melihat hal gaib akan tampak sebuah kerajaan yang dibangun dari emas murni.

Menurut cerita, Pulomas dipimpin oleh raja jin sakti bernama Raden Werdinata. Dalam menjalankan pemerintahannya raja jin ini didampingi oleh Mahapatih Jongkara dan Panglima Kalasrenggi. Raden Werdinata terkenal sebagai raja jin paling sakti di antara para jin penguasa alam gaib di bumi maupun di laut.

4. Kerajaan Gaib di Kota Wentira, Sulawesi

Kerajaan Gaib di Kota Wentira, Sulawesi
Ada juga cerita kota gaib yang berada di wilayah Sulawesi Tengah. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai Kota Wentira. Menurut cerita, Wentira dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai kerajaan jin terbesar yang terletak di daerah kebun kopi di kawasan hutan belantara, di antara Kota Palu dan Kabupaten Mutong, Sulawesi Tengah.

Lagi-lagi, jika seseorang yang punya 'kelebihan', akan melihatnya sebagai sebuah kota dengan kehidupan yang berkembang dan modern seperti kota pada umumnya. Namun jika dilihat secara kasat mata, kota ini sebuah hutan yang sangat lebat.

5. Kerajaan di Gunung Merapi

Kerajaan di Gunung Merapi
Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah dan juga termasuk salah satu gunung berapi paling aktif yang ada di Indonesia. Gunung Merapi selalu menyimpan banyak misteri di dalamnya. Menurut cerita salah satu tempat yang dipercaya sebagai pusat kerajaan gaib gunung Merapi adalah Pasar Bubrah. Pasar yang terletak di dekat puncak Merapi ini jika dilihat kasat mata yang terlihat hanyalah bebatuan saja.

Namun, penduduk lereng Merapi percaya tempat tersebut merupakan tempat yang paling besar aura mistisnya. Kerajaan Gaib Gunung Merapi sendiri menurut kepercayaan setempat dipimpin oleh Eyang Merapi.

(Ref: wowuniknya.net, merdeka, berbagai sumber)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga