18 Mei 2017

author photo
Kesetiaan merupakan suatu sikap yang terkait umumnya dengan masalah percintaan seseorang. Kesetiaan menjadi sesuatu hal yang mutlak harus dimiliki oleh sepasang manusia yang memiliki cinta. Cinta sendiri adalah suatu perasaan dimana rela berkorban, simpati, perhatian serta dapat melakukan apapun demi yang dicintai, objek dari cinta dapat berupa mahluk hidup ataupun benda. Dalam rasa cinta ini lah akan timbul suatu sikap yang disebut dengan kesetiaan.

Manusia sering menganggap diri sebagai spesies paling cerdas. Tapi kalau soal kesetiaan, banyak hewan yang lebih bisa jadi panutan, bagaimana caranya menjalin hubungan baik seumur hidup, berikut daftar hewan yang sangat setia pada pasangannya seperti yang dilansir Deutsche Welle.

1. Merpati

Merpati
Merpati sudah lama jadi simbol cinta dan kesetiaan. Juga sejak lama jadi sumber inspirasi berbagai karya sastra, misalnya pujangga Inggris William Shakespeare, dalam puisinya yang berjudul "The Phoenix and the Turtle."

2. Rayap

Rayap
Beberapa spesies rayap, ratunya bisa punya pasangan seumur hidup dengan seekor rayap jantan yang jadi raja. Rayap betina melahirkan ribuan anak yang jadi rakyat kerajaan mereka. Sebelum berkembang biak, rayap jantan dan betina mencari "sarang" yang tepat terlebih dahulu. Pasangan tidak akan beranak pinak jika belum menemukan tempat tinggal yang tepat.

3. Cacing Schistosoma Mansoni

Cacing Schistosoma Mansoni
Mungkin cacing tidak bisa jadi gambaran romantis pasangan sejati. Tapi pasangan cacing parasit ini kadang lebih setia daripada manusia yang jadi inang mereka. Jika berkembangbiak di dalam tubuh manusia cacing hidup monogam sebagai pasangan seumur hidup.

4. Elang Botak

Elang Botak
Inilah burung yang jadi lambang negara Amerika Serikat. Banyak orang berpendapat, dalam hubungan baik, elang botak lebih mampu melakukannya daripada negara yang disimbolkan. Elang botak hidup dengan pasangannya seumur hidup, kecuali jika pasangannya mati atau impoten. Itupun jumlahnya tidak sebanyak tingkat perceraian di AS, yang sekarang sekitar 50%.

5. Siamang

Siamang
Inilah hewan yang secara genetis punya banyak kesamaan dengan manusia. Hewan ini monogam, dan menunjukkan ciri hubungan yang sangat erat dengan pasangannya. Mereka saling mengurus dan bergantung bersama-sama di pohon.

6. Angsa

Angsa
Angsa membentuk ikatan monogam yang bisa berlangsung bertahun-tahun. Ada juga yang seumur hidup. Kesetiaan unggas ini kepada pasangannya sering timbul dalam berbagai cerita. Foto dua angsa yang berenang dengan leher saling berkaitan sering jadi simbol cinta universal.

7. Burung Bangkai

Burung pemakan bangkai
Wajah yang tampan bukan syarat untuk hubungan yang lebih setia. Kawanan burung bangkai bisa jadi buktinya. Hewan ini bahkan bisa menyerang burung bangkai lain yang tampak berusaha mendekati burung yang bukan pasangannya.

8. Serigala

Srigala
Walaupun sering digambarkan sebagai hewan liar dan licik dalam cerita-cerita rakyat, serigala punya kehidupan keluarga yang lebih setia dan jujur daripada hubungan banyak manusia. Biasanya, segerombolan serigala terdiri dari jantan dan betina dan keturunan mereka, sehingga gerombolan serigala serupa dengan keluarga kecil.

Baca Juga :
  1. Ini Yang Terjadi Pada Janin Bayi Ketika Dibacakan Ayat Suci Al-Qur'an
  2. Nauzubillahiminzalik, Di Alam Barzah, Orang Ini Merobek Mulutnya Hingga Hari Kiamat
  3. Mengejutkan! 5 Fakta di Balik Tren Mukbang Yang Berasal Dari Korea Selatan!
  4. Wow! Ternyata Zodiak Ini Yang Paling Berbahaya Versi FBI
  5. Wajib Tahu, Ini 9 Manfaat Menakjubkan Dari Daun Pepaya

(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, Deutsche Welle, mother nature network dan sumber lain)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga