17 Maret 2017

author photo
Semua pria di dunia ini pastinya menginginkan mempunyai perut yang seksi atau yang biasa disebut dengan perut six pack, namun butuh latihan yang keras untuk mendapatkan perut yang diidam idamkan kaum adam tersebut dan jangan khawatir karna ada solusi cepat untuk membentuk perut six pack.

Sebuah riset terbaru menemukan jika Anda tertawa terbahak-bahak kondisi ini ternyata melatih otot dan juga membantu membakar kalori tubuh sekitar 10 kalori per jam. Hal ini diungkapkan Dr Helen Pilcher, PhD, seorang ahli biologi yang melakukan riset tentang efek tertawa terhadap penurunan berat badan.

Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa tertawa intens bisa membakar hingga 120 kalori dalam satu jam. Seperti halnya ketika Anda jalan cepat dalam durasi yang sama. Tertawa intens yang dimaksud adalah tawa yang lepas dan spontan, tak terkontrol atau tertawa sampai terguling-guling (istilah populernya ROFTL : rolling on the floor laughing).

Tertawa (Via : google images)
Tawa yang sampai menimbulkan guncangan di perut, bisa membakar 100 kalori per jam. Sementara tawa kecil tapi konstan (sulit berhenti) dalam satu jam membakar sekitar 20 kalori.

Ada penjelasan ilmiah di balik 'tawa sehat bakar kalori' ini. Para ilmuwan menemukan bahwa ada satu jaringan otot, disebut dengan 'internal obliques' yang berperan penting menciptakan penampakan six pack pada perut. Saat tertawa, jaringan otot-otot ini akan aktif. Bahkan tertawa disebut-sebut lebih efektif mengaktifkan 'internal obliques' ketimbang latihan sit-up.

Selain itu tertawa juga meningkatkan peredaran darah, berguna untuk latihan kardiovaskular yang menggunakan banyak energi sehingga membantu pembakaran kalori. Dr Helen pun menghubungkan manfaat ini dengan menonton acara komedi.

"Laporan ini meningkatkan kemungkinan bahwa menonton acara komedi bisa membantu Anda memiliki perut six pack dengan menargetkan pada otot internal oblique yang lebih efektif ketimbang sit-up," ujar Helen, seperti dikutip dari Daily Mail.   

"Saya benar-benar merasa (perut) lebih kencang setelah berjam-jam nonton komedi di TV," tambahnya.

Tertawa memang membawa banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya membakar kalori. Yang perlu dicermati dari hasi penelitian ini, bahwa tertawa tidak bisa menggantikan total manfaat dari olahraga.

Untuk membakar 100 hingga 200 kalori saja, Anda perlu tertawa terus menerus selama lebih kurang satu jam dan itu terbilang tidak terlalu mudah. Kecuali jika Anda memang punya waktu luang setiap hari untuk menonton acara komedi. Meski begitu tidak ada salahnya jika Anda menyempatkan untuk mencoba relaks dengan hiburan-hiburan yang membuat tertawa di sela-sela kesibukan. Pikiran segar, tubuh pun sehat.

Baca Juga :
  1. Wow Mengagumkan, Bakteri Ini Bisa Mengubah Racun Menjadi Emas Murni
  2. Ini Dia 8 Tips Hindari Jebakan Penjahat Siber Yang Mengincar WiFi Publik
  3. Wow, Nokia 3310 (2017) Baru Resmi Bangkit, Diperkuat Dengan Fitur Yang Canggih
  4. Disorot Media Asing, Presiden Jokowi Jadi Vlogger Populer dan Kekinian
  5. Ini Efek Mengerikan Jika Masih Membersihkan Telinga Dengan Cotton Buds

(Ref: sandk, catatansandk.net, sooperboy.com, dailymail.co.uk)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga