25 Maret 2017

author photo
Tingginya peradaban manusia zaman dahulu bisa dilihat dari jejak kehidupan mereka seperti bangunan yang indah dan karya seni lain yang mengagumkan.

Sepanjang sejarah, peradaban lahir dan hilang berkali-kali. Di zaman modern, dengan pengetahuan yang lebih canggih, antropolog dan arkeolog mencoba untuk menguak jejak peradaban yang ada. Namun, ada beberapa penemuan yang hingga kini tak dapat dijelaskan sejarahnya. 

Berbagai temuan kepingan sejarah kerap mengejutkan. Kadang sampai sepanjang hayat kita pun, kisah di balik temuan itupun tetap jadi misteri. Namun tetap temuan ini menarik untuk diperhatikan, seperti berikut ini...

1. Kompleks Candi Saksaywaman, Peru

Kompleks Candi Saksaywaman
Tumpukan batu yang sempurna di kompleks candi kuno ini, dibangun tanpa menggunakan setetes perekat. Setiap bloknya memiliki permukaan halus dan sudut bulat. Bagaimana itu dibangun? Tidak ada yang tahu.

2. Gerbang Matahari atau Gate of the Sun, Bolivia

Gerbang Matahari atau Gate of the Sun
Gerbang Matahari dapat ditemukan di Tiwanaku - sebuah kota kuno dan misterius di Bolivia. Beberapa arkeolog percaya bahwa itu adalah pusat dari kerajaan besar milenium pertama Masehi. Tidak ada yang tahu apa arti ukiran pada Gerbang Matahari ini. Mungkin, mereka memiliki beberapa arti astrologi atau astronomi.

3. Kota bawah air Yonaguni, Jepang

Kota bawah air Yonaguni
Kompleks kuno ini ditemukan secara kebetulan oleh instruktur selam, Kihachiro Aratake. Kota bawah laut ini berhasil membuat bingung untuk dijabarkan dalam teori ilmiah. Batu terukir itu terendam air sekitar 10.000 tahun lalu. Beberapa arkeolog meyakini bahwa selama era primitif ini, orang masih meringkuk di gua-gua dan hidup dari akar-akaran dapat dimakan ketimbang berburu.

4. Bukit Orang Mati ‘Mohenjo-daro’, Pakistan

Bukit Orang Mati ‘Mohenjo-daro’
Rahasia kejatuhan kota ini telah membingungkan para ahli selama beberapa dekade. Pada tahun 1922, arkeolog India menemukan reruntuhan kuno di lembah Sungai Indus. Pertanyaan kemudian muncul: bagaimana kota besar ini hancur? Apa yang terjadi dengan penghuninya? Banyak penggalian dilakukan, namun tak banyak beri jawaban.

5. L'Anse aux Meadows, Kanada

L'Anse aux Meadows
Situs arkeologi di Kanada ini diduga merupakan sebuah pemukiman yang didirikan oleh Viking sekitar seribu tahun yang lalu. Jadi kemungkinan, pelaut Skandinavia mencapai Amerika Utara, jauh sebelum kelahiran Christopher Columbus.

6. Bola batu raksasa, Kosta Rika

Bola batu raksasa
Ini formasi batu misterius yang membuat orang penasaran, tidak hanya karena bisa berbentuk bulat sempurna, tetapi juga karena asal-usulnya yang tidak diketahui mereka dan tujuan. Batu-batu ini ditemukan tahun 1930 oleh pekerja yang membabat hutan untuk perkebunan pisang. Menurut legenda, ada emas dalam batu-batu itu. Padahal, kenyataannya, tidak ada.

7. Obelisk yang belum selesai dikerjakan, Mesir

Obelisk yang belum selesai dikerjakan
'Unfinished Obelisk' terletak di wilayah utara tambang batu Mesir kuno di Aswan. Benda bersejarah ini kemungkinan besar tak diselesaikan pengerjaannya dan tidak sampai diberdirikan, karena beberapa retakan muncul di batu saat dikerjakan. Namun ukurannya hanya mengejutkan! Panjangnya 42 meter, beratnya sekitar 1200 ton.

8. Cakar burung Moa, Selandia Baru

Cakar Burung Moa
Burung Moa dulu merupakan penghuni Selandia Baru, yang menjadi punah sekitar tahun 1500. Menurut salah satu teori, burung yang tak bisa terbang ini dihabisi oleh bangsa Māori. Selama ekspedisi pada abad kedua puluh, para ilmuwan sengaja menemukan sebuah cakar yang sangat besar dari salah satu burung yang entah bagaimana terawetkan sangat baik selama berabad-abad.

Baca Juga :
  1. Bagaimana Jika Setelah Membaca Tulisan Ini Ibumu Lalu Meninggal?
  2. Wow Keren Banget! Lagi-Lagi Dubai Membuat Gedung Pencakar Langit Yang Bisa Berputar 360 Derajat!
  3. Astaga, Menang Taruhan Tenggak Sebotol Tequila, Pria Ini Tewas Semenit Kemudian
  4. Ngeri, Ini 5 Negara Dengan Angka Pemerkosaan Anak Tertinggi di Dunia, Bagaimana Dengan Indonesia?..
  5. Unik, Mempelai Pria Ini Memberi Mahar Kain Kafan! Ini Alasannya!

(Ref: sandk, catatansandk.net, dw, brightside, berbagai sumber)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga