12 Januari 2017

author photo
Hoax adalah suatu kata yang digunakan untuk menunjukan pemberitaan palsu atau usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu yang biasanya digunakan dalam forum internet seperti facebook, tweeter, blog, dan yang paling sering adalah di forum Kaskus

Akhir-akhir ini banyak sekali peberitaan tentang berita hoax. Karena berita hoax bisa saja merugikan orang lain maupun diri sendiri. Maka dari itu lakukan hal ini agar kamu tidak terprovokasi!

1. Kamu tidak perlu ikut komentar yang aneh-aneh di media sosial

Jangan komen
Tanpa kamu komentar pun kondisi udah panas, apalagi kalau kamu komentar apalagi menjurus ke hal negatif atau mengejek pihak tertentu. Hal ini akan membuat kondisi semakin buruk meskipun kamu cuma iseng untuk memberi komentar. Jadi? Jaga komentarmu di semua media sekarang ini.

2. Cermati kebenaran info yang kamu terima

Cermati beritanya
Sekarang banyak informasi yang bertebaran di berbagai media dan kebenarannya diragukan. Kamu harus pintar-pintar menyaring semua informasi yang kamu dapatkan dan jangan sampai kamu membagikan berita yang salah karena hal ini bisa memicu masalah yang lebih besar nantinya. Intinya jangan percaya begitu aja.

3. Cobalah kendalikan emosimu, jangan mudah terpancing berita hoax

Kendalikan emosi
Kalau kamu melihat berita hoax yang tersebar di internet maka yang harus kamu lakukan adalah kontrol emosimu dan tetap sabar. Karena berita ini terkadang menjadi pemicu sebuah permusuhan yang dikobarkan oleh pihak tertentu ke pihak lainnya. Biasakan dirimu buat berpikir dengan kepala dingin meskipun kamu melihat ataupun mendapat berita yang salah.

4. Saatnya perbaikan diri, jauhkan hal-hal negatif yang mungkin kamu lakukan

Saaatnya perbaiki diri
Kamu bisa mencoba memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi. Dengan memperbaiki diri setidaknya kamu menjaga dirimu sekedar ikut-ikutan hal negatif yang mungkin terjadi di masa depan nanti. Percayalah, kamu itu tidak sempurna dan kamu harus terus berbenah diri setiap saat.

5. Sebarkan hal positif ke sekitarmu, berhenti share berita atau status yang mungkin memicu perselisihan

Jangan Share
Setelah terus memperbaiki diri,kamu bisa mencoba berbagi hal positif dengan sekitarmu. Kamu bisa menyebarkan semangat kebersamaan secara umum karena memang hal-hal yang selama ini terjadi memungkinkan adanya perpecahan. Sehingga dengan persatuan yang kamu tularkan dengan sekitarmu, diharapkan juga kamu akan mendapat timbal balik positif dari lingkungan yang kamu sebarkan dan ke depannya kamu bisa ikut menjaga kebersamaan yang udah kamu bangun.

5 cara di atas bisa menjadi contoh mudah buatmu buat diterapkan dari sekarang. Hal mendasar yang bisa dilakukan adalah dengan mulai dari diri sendiri sebagai level terkecil. Kamu sebagai anggota masyarakat tentu tidak telepas dari perubahan ke arah yang lebih baik. Kamu mungkin beranggapan itu tidak akan cepat berhasil, tapi setidaknya kamu udah mencoba dan berniat positif. Jangka panjangnya kamu akan mendapat hal positif dari menyebarkan semangat kebersamaan ini.

Jadi buat menyongsong tahun 2017, yuk sebarkan hal positif demi kebaikan bersama ke depan nantinya.

Kamu sudah siap?  

Baca Juga:

  1. Inilah "Om Telolet Om" Versi Remix Ala DJ Internasional Firebeatz, Kocak Abis
  2. Ahok Mengekspresikan Wajah Sedih Lalu Dipeluk Sang Kakak Angkat Seusai Sidang Perdana Ahok
  3. Aneh! Di Desa Ini Banjir Malah Di Sambut!
  4. Fenomena Aneh, Awan Berbentuk Bulat di Jepang Yang Diyakini UFO Sedang Bersembunyi
  5. Astaga, Ternyata di Eropa Ada Tradisi Menjual Istri
(Ref: diahangra, catatansandk.com, hipwee.com)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga