08 Desember 2016

author photo
Teh adalah minuman yang mengandung kafein, sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis dengan air panas. Teh yang berasal dari tanaman teh dibagi menjadi 4 kelompok: teh hitam, teh oolong, teh hijau, dan teh putih.

Teh memang sangat enak di minum saat pagi hari. Bisa membuat perut kita hangat. Tapi, pernahkah kamu meminum obat dengan teh? Mulai sekarang dihindari ya. Karena beberapa obat ada yang tidak boleh di konsumsi bersamaan dengan teh. Yuk langsung saja simak!

Teh dengan Obat
Obat Pengidap Hipertensi

Efek negatif minum obat dengan teh dapat dirasakan pada pengidap hipertensi, khususnya yang mengonsumsi nadolol. Penelitian menemukan bahwa konsumsi teh hijau justru dapat mengurangi manfaat dari obat nadolol yang berperan menangani tekanan darah tinggi. Oleh karenanya, seorang profesor kardiologi menyarankan bahwa pengidap hipertensi yang mengonsumsi nadolol sebaiknya tidak mengonsumsi teh hijau dalam waktu bersamaan. Kandungan di dalam teh hijau ini ternyata diduga dapat berdampak kepada penyerapan obat di dalam usus. Meski demikian, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah teh jenis lain juga dapat menyebabkan interaksi terhadap obat di dalam kategori yang sama.

Pil Kontrasepsi

Mengonsumsi pil kontrasepsi bersamaan dengan teh hitam berisiko mengurangi kecepatan tubuh memecah kafein sehingga menyebabkan peningkatan detak jantung, sakit kepala, dan serangan cemas.

Obat Depresi dan Penyakit Jantung

Minum obat dengan teh sebaiknya dihindari pengidap depresi. Sebagaimana terdapat hubungan yang cukup dekat antara depresi dengan penyakit jantung, maka obat untuk menangani penyakit jantung juga sangat tidak dianjurkan diminum dengan teh.

Adenosine

Adenosine (Adenocard) adalah bahan yang digunakan pada tes cardiac stress untuk memeriksa kondisi jantung. Setidaknya satu hari penuh sebelum menjalani tes, pasien diharapkan untuk tidak mengonsumsi apa pun yang mengandung kafein, termasuk teh. Kafein di dalam teh diduga dapat membatasi pengaruh adenosine.

Antibiotik

Beberapa jenis antibiotik, seperti enoxacin dan ciprofloxacin, dapat menurunkan kemampuan dan kecepatan memproses dan mengeluarkan kafein dari tubuh. Oleh karenanya, meminum obat dengan teh, terutama kedua antibiotik ini, dapat meningkatkan risiko efek samping, seperti sakit kepala, peningkatan detak jantung, dan serangan cemas.

Clozapine

Mengonsumsi obat clozapine bersamaan dengan  teh hitam dapat meningkatkan risiko efek samping obat tersebut. Kafein pada teh hitam diduga mengurangi kecepatan tubuh memecah clozapine juga.

Ephedrine

Kafein dan ephedrine adalah zat stimulan yang dapat meningkatkan kerja sistem saraf. Mengonsumsi keduanya secara  bersamaan berisiko menyebabkan gangguan jantung dan efek samping serius. Inilah sebabnya sebaiknya Anda menghindari minum obat yang mengandung ephedrine dengan teh, terutama ephedrine.

Obat untuk Menangani Diabetes

Obat diabetes berperan menurunkan kadar gula darah. Kebalikan dari itu, teh dapat meningkatkan kadar gula darah sehingga dapat mengurangi efektivitas obat diabetes.

Obat untuk Memperlambat Pembekuan Darah

Minum obat dengan teh, dalam hal ini obat-obatan antikoagulan seperti aspirin, diclofenac, ataupun ibuprofen, justru dapat meningkatkan risiko perdarahan dan memar.

Teh dianggap memiliki kebaikan untuk kesehatan tubuh, tetapi sangat disarankan untuk menghindari konsumsi minuman ini bersamaan dengan obat. Selain itu, sensitivitas tubuh terhadap kafein juga sebaiknya menjadi pertimbangan. Jika Anda sudah terbiasa minum obat dengan teh, konsultasikan ke dokter tentang cara-cara lain yang dapat ditempuh untuk mengonsumsi obat.

Baca Juga:
  1. Apakah Benar? Hand Sanitizer Bisa Menggantikan Sabun Pencuci Tangan?
  2. 9 Fakta Negara Israel Yang Mungkin Belum Kalian Ketahui
  3. Subhanallah, Tanda Kiamat Sudah Mulai Muncul Di Tanah Jazirah Arab
  4. 7 Artis Yang Punya Fobia Super Aneh
  5. Jika Kamu Stres, Maka Kamu Akan Merasa Cepat Lapar
(Ref: diahanggra, catatansandk.com, alodokter.com)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga