16 Oktober 2016

author photo
Ketika kita sedang asyik memakan sesuatu dengan tingkat kepedasan yang luar biasa biasanya kita akan meminum air sebanyak-banyaknya itu semua bertujuan untuk menghilangkan rasa peda. Memang betul makanan yang belum pedas itu terasa aneh bagi sebagian orang namun membuat diri kita tidak nyaman.

Namun seringkali hal ini tak berguna. Meski minum hingga perut kembung, seringkali air tak meredakan sensasi pedas di lidah kita. Mengapa demikian?

Ilustrasi Pedas
Mari kita awali dengan mengapa rasa pedas terjadi.

Sensasi pedas (pedas bukan rasa, melainkansensasi), terjadi disebabkan oleh senyawa capsaicin yang terkandung dalam cabai. Senyawa ini berinteraksi dengan reseptor rasa sakit yang bernama TRPV1, yang oleh reseptor tersebut akan dianggap seperti mendeteksi benda panas. Sehingga sensasi pedas di mulut, oleh otak dianggap sebagai rasa panas layaknya disiram air mendidih.

Tubuh bereaksi dengan mengeluarkan air mata, atau tiba-tiba ingusan. Hal ini juga membuat kita bereaksi dengan mencari air untuk diminum. Intensitas capsaicin pun berpengaruh, di mana makin banyak capsaicin, makin pedas sensasi yang kita terima.


Nah, karena capsaicin adalah molekul non-polar yang akan larut di substansi non-polar lain, maka minum air untuk mengatasi rasa pedas adalah hal yang buruk. Karena jika kita meminum air yang merupakan substansi polar, ia akan bereaksi terhadap capsaicin layaknya air dan minyak yang tidak bertemu. Hal ini akan makin memperparah rasa pedas karena capsaicin makin menyebar ke seluruh rongga mulut.

Jika Anda memilih meminum susu atau produk olahan susu, hal tersebut adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, susu mengandung molekul non-polar. Molekul ini akan melarutkan capsaicin dan menghilangkannya dari mulut. (Ref: sandk, merdeka.com, berbagai sumber)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga