20 Oktober 2016

author photo
Seperti yang kita ketahui fungsi baterai dalam sebuah perangkat seperti smartphone menjadi hal wajib dan penting untuk menunjang semua kegiatan sehari-hari. Tapi apakah kalian mengetahui jika kebiasaan mencharge smartphone dengan cara yang salah dapat memperburuk umur baterai?

Lembaga spesialis pengembang baterai, Battery University, baterai Lithium-Ion yang ada di smartphone kita juga bisa 'stres'. Nah, stres yang berkepanjangan pada baterai diklaim bisa mengurangi umurnya. Sama seperti yang terjadi pada manusia bukan?

Ilustrasi Charger Smartphone
Apabila Anda ingin baterai smartphone tetap awet sepanjang waktu, Battery University memberi beberapa tipsnya berdasarkan hasil penelitian mereka. Berikut informasinya..

1. Langsung copot charger saat baterai penuh

Battery University mengungkapkan bila membiarkan smartphone terus tercharge meski baterainya penuh bisa berdampak buruk dalam jangka panjang. Hal ini disebut dapat mengurangi konsentrasi zat kimia di dalam baterai.

2. Jaga agar selalu dingin

Perlu diingat bila panas adalah musuh besar baterai. Jadi saat mengisi daya lebih baik seluruh casing tambahan dilepas dan smartphone tidak ditaruh di tempat yang terkena panas sinar matahari. Selain itu, ada baiknya Anda tidak menggunakan si smartphone saat di charge agar overheat tidak terjadi.

3. Jangan charge sampai 100 persen

Battery University menambahkan bila baterai Lithium-Ion tidak perlu dicharge sampai 100 persen. Bahkan, lebih baik bila tidak dicharge sampai penuh karena voltase tinggi bisa membuat baterai stres dalam jangka panjang.

Baca Juga :
  1. Asgardia, Sebuah Negara Pertama di Luar Angkasa
  2. Unik, Cara Mengecas Smartphone Dengan Botol Plastik
  3. 5 Perangkat Cerdas Super Keren Yang Dirilis Google di Event Google Pixel!
4. Sering charge saja

Sangat penting untuk tidak membiarkan baterai smartphone habis dayanya hingga 0 persen karena hal ini bisa memangkas umur baterai lebih cepat. Waktu yang disarankan saat baterai kehilangan 10 persen dayanya atau sudah sampai 40 persen. Apabila hal itu sulit dilakukan, charge saja smartphone sesering yang Anda bisa. Hal ini tidak berdampak buruk bahkan baik untuk baterai.
(Ref: sandk, batteryuniversity.com, merdeka.com, berbagai sumber)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga