16 Oktober 2016

author photo
Buah mengkudu kadang dipandang sebelah mata oleh masyarakat karena buah ini mempunyai bau dan bentuk yang aneh. Menurut Wikipedia Tanaman ini tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 m. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3–8 m, memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya merupakan buah majemuk, yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.

Secara tradisional, masyarakat Aceh menggunakan buah mengkudu sebagai sayur dan rujak. Daunnya juga digunakan sebagai salah satu bahan nicah peugaga yang sering muncul sebagai menu wajib buka puasa. Karena itu, mengkudu sering ditanam di dekat rumah di pedesaan di Aceh. Selain itu mengkudu juga sering digunakan sebagai bahan obat-obatan.

Buah Mengkudu
Kandungan buah Mengkudu antara lain:
  • Zat nutrisi: secara keseluruhan mengkudu merupakan buah makanan bergizi lengkap. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Selenium, salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang hebat. Berbagai jenis senyawa yang terkandung dalam mengkudu : xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll.
  • Terpenoid. Zat ini membantu dalam proses sintesis organic dan pemulihan sel-sel tubuh.
  • Zat anti bakteri.Zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu itu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi, seperti Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli. Zat anti bakteri itu juga dapat mengontrol bakteri pathogen (mematikan) seperti Salmonella montivideo, S . scotmuelleri, S . typhi, dan Shigella dusenteriae, S . flexnerii, S . pradysenteriae, serta Staphylococcus aureus.
  • Scolopetin. Senyawa scolopetin sangat efektif sebagi unsur anti peradangan dan anti-alergi.
  • Zat anti kanker. Zat-zat anti kanker yang terdapat pada mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal.
  • Xeronine dan Proxeronine. Salah satu alkaloid penting yang terdapt di dalam buah mengkudu adalah xeronine. Buah mengkudu hanya mengandung sedikit xeronine, tapi banyak mengandung bahan pembentuk (precursor) xeronine alias proxeronine dalam jumlah besar. Proxeronine adalah sejenis asam nukleat seperti koloid-koloid lainnya. Xeronine diserap sel-sel tubuh untu

Manfaat dan Khasiat Kesehatan Herbal Mengkudu 

Berikut beberapa manfaat dan khasiat buah mengkudu dalam menyehatkan dan mengobati berbagai macam penyakit yang tentu saja sebagai bahan herbal anda. Manfaat dan khasiat buah mengkudu adalah sebagai berikut.. 

1. Manfaat Buah Mengkudu: Batuk 
Cara memanfaatkan buah mengkudu dalam mengobati penyakit batuk adalah dengan menggunakan buah mengkudu yang telah masak, cuci, kupas dan buang biji-bijinya. Selanjutnya, iris-iris dan makan langsung bersama garam. Bisa menggunakan buah mengkudu yang masih mentah, dibuat seperti rujak pedas, dan langsung dimakan. 

2. Manfaat Buah Mengkudu: Hepatitis
Siapkan duah buah mengkudu masak, lantas parut dan peras. Tambahkan gula batu secukupnya. Minum dua kali sehari. 

3. Manfaat Buah Mengkudu:  Melancarkan Air Seni
Ambil dua buah mengkudu masak, cuci, lalu parut. Tambahkan satu sendok makan garam, peras dengan kain. Air perasaan diminum tiga kali sehari. 

4. Manfaat Buah Mengkudu:  Hipertensi
Cara memanfaatkan buah mengkudu untuk mengobati hipertensi yaitu dengan menyediakan satu buah mengkudu matang dan satu sendok makan madu. Cuci buah mengkudu, hancurkan, peras, dan ambil airnya. Campurkan dengan madu dan aduk sampai rata. Minum tiga kali sehari. 

5. Manfaat Buah Mengkudu:  Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Herbal sari atau jus buah mengkudu mampu meningkatkan Daya Tahan Tubuh, seperti: Merangsang sel T dalam sistem kekebalan tubuh (sel T berperan penting dalam melawan penyakit terutama makrofaset dan limfoset dari sel darah putih: menjukkan efek anti bakteri: mempunyai efek anti rasa sakit atau nyeri (analgesik). 

6. Manfaat Buah Mengkudu:  Menghambat Pertumbuhan Sel Pra Kanker 
Mengapa bisa ?.. karena buah mengkudu dapat menormalkan fungsi-fungsi sel-sel yng abnormal seperti halnya dapat menghambat pertumbuhan tumor. 

7. Manfaat Buah Mengkudu:  Menghambat Pertumbuhan Tumor 

8. Manfaat Buah Mengkudu: Menormalkan Tekanan Darah
Buah mengkudu dapat bermanfaat dalam hal ini karena mengandung sejenis fitonutrien, yaitu scopoletin yang berfungsi dalam memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Dengan demikian jantung tidak perlu bekerja terlalu keras untuk memompa darah sehingga tekanan darah menjadi normal. 

9. Manfaat Buah Mengkudu: Menghilangkan Rasa Sakit
Herbal jus atau sari mengkudu memiliki zat analgesik yang dapat menghilangkan rasa sakit

10. Manfaat Buah Mengkudu: Anti Alergi dan Anti Peradangan 
Herbal sari mengkudu sebagai senyawa scopoletin (hidroksi-metoksi-kumarin) yang sangat efektif dalam zat anti peradangan dan anti alerg.

11. Manfaat Buah Mengkudu: Meredakan Nyeri Haid atau Gejala PMS
Kandungan dalam buah mengkudu bermanfaat dalam meredakan sakit yang dapat meminimalisir perubahan hormon sehingga sindrom menstruasi dapat diatasi, seperti mengurangi rasa sensitif, dan mood saat menstruasi. 

12. Manfaat Buah Mengkudu: Mengatasi Kulit Bersisik
Cara yang dapat ditemput dengan melebutkan kulit dan mengaluskannya dengan menggunakan buah mengkudu adalah dengan menggosokkan pada kulit secara merata selama 10 menit. Lalu bersihkan dengan air hangat. 

13. Manfaat Buah Mengkudu: Menyehatkan Tulang
Berfungsi mencegah penyakit, dan buahnya memiliki kandungan metil asetil, morindone, dan asam kapril yang meningkatkan kekuatan tulang dalam tubuh dan lakukanlah secara teratur untuk mencegah pengeroposan pada tulang. 

14. Manfaat Buah Mengkudu: Menghilangkan Sakit Kuning
Cara mengobati hal ini dengan beberapa cara dalam mengobatinya dengan menggunakan manfaat dan khasiat buah mengkudu dengan cara pembuatan adalah dengan menyiapkan dua buah pace yang telah masak dan mengeluarkan baunya. Lalu buah mengkudu haluskan, dan peras serta masukkan madu dalam perasaan tersebut. Aduk hingga rata dan minum sebanyka tiga kali sehari. 

15. Manfaat Buah Mengkudu: Mengobati Bronkitis
Bronkitis dapat diobati dan bila ingin memanfaatkan buah mengkudu , karena memiliki kandungan zat anti bakteri yang terdapat dalam paru-paru. Konsumsi secara teratur untuk menghilangkan bakteri yang terdapat dalam paru-paru. 

16. Manfaat Buah Mengkudu: Mengobati Sakit Gigi
Zat antibakteri dari buah mengkudu membawa manfaat yang luar biasa karena dapat menyembuhkan sakit pada gigi hingga dapat meredakannya. 

17. Manfaat Buah Mengkudu: Basmi Ketombe
Cara memanfaatkan buah mengkudu dalam membasmi ketombe atau menghilangkan ketombe sehingga rambut menjadi lebih sehat dan bersih. Cara mengatasinya adalah dengan menghancurkan 1-2 buah mengkudu hingga menjadi bubur, jika kurang encer dapat ditambahkan sedikit air dan digosokkan ke kulit kepala sambil di pijat lembut. Diamkan kurang lebih 1 jam kemudian bilas  hingga bersih. Lakukan selama 2 kali sampai ketombe benar-benar hilang.

18. Manfaat Buah Mengkudu: Menurunkan Kadar Kolesterol
Cara memanfaatkan buah mengkudu sebagai obat kolesterol adalah dengan menyiapkan 30 gram lidah buaya dan 3 buah mengkudu yang sudah matang, dimana cara membuat obat kolesterol dengan buah mengkudu adalah dengan lidah buaya dikupas dan dibuat jus buah mengkudu dan dicampurkan secara merata lalu diminum.

19. Manfaat Buah Mengkudu: Mengatifkan Sel, Sehat dan Memperbaiki Struktur Serta Fungsinya
Di awal abad ke-20 Dr. Paul Heinike menyatakan bahwa mengkudu mengandung proxeronase dan alkaloid proxeronin didalam tubuh. Xeronine dalam aliran darah memiliki ke mampuan membuat sel lebih aktif, sehat serta memperbaiki struktur dan fungsinya.


20. Manfaat Buah Mengkudu: Mengobati Sakit Perut
Pemanfaatannya adalah sediakan 2-3 daun mengkudu yang ditumbuk halus, diberi garam dan diseduh air panas. Setelah dingin, disaring dan diminum.

21. Manfaat Buah Mengkudu: Obat Demam
Demam karena masuk angin dan influenza dapat anda manfaatkan buah mengkudu yang dilakukan dengan cara, menyiapkan 1 buah mengkudu dan 1 rimpang kencur, merebus 2 gelas air mendidih, hingga tinggal 1 gelas, saring. Minum selama 2 kali 1 sehari pagi dan sore. 

Dan masih banyak lagi manfaat buah mengkudu berikut manfaat lainnya dari buah mengkudu

22. Luka pada usus halus
23. Muntah-Muntah
24. Diabetes. Sakit Pinggul
25. Kencing Batu
25. Hormon Tiroid
26. Mencegah Penuaan
27. Kekurangan Tenaga
28. Sakit Kepala
29. Sariawan
30. Gusi Berdarah
31. Selulit
32. Kurap
33. Cacing Kulit
34. Kudis
35. Sindrom pra-menstruasi
36. Penebalan Otot Jantung
37. Meningkatnya Mobilitas Transportasi Oksigen Dalam Sel
38. TBC
39. Perut Kembung.
40. Kolera
41. Sinusitis
42. Asma
43. Borok
(Ref: sandk, artikelsiana.com, wikipedia.org, berbagai sumber)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga