27 September 2016

author photo
Stasiun kereta api adalah tempat untuk menaikkan dan menurunkan penumpang yang menggunakan jasa transportasi kereta api. Selain stasiun, pada masa lalu dikenal juga dengan halte kereta api yang memiliki fungsi nyaris sama dengan stasiun kereta api.

Tapi, tahukah kamu? Ternyata ada beberapa stasiun kereta api yang sangat megah dan luas. Yuk simak artikel berikut

Stasiun Kanazawa, Jepang

Stasiun Kanazawa, Jepang
Untuk yang pernah melihat secara langsung stasiun ini tetunya pernah terkesima dengan kemewahan stasiuan yang satu ini.  “Tsuzumimon” adalah sebutan untuk sebuah gerbang kayu warna yang berada di stasiun ini, lalu ada “Kubah Motnashi” yang merupakan ornament indah yang berada di stasiun ini yang terbuat dari kaca.

Kubahnya yang menyerupai payung yang dibuka ini mempunyai fungsi untuk menyambut penumpang yang datang di stasiun ini.  Air mancur yang indah juga menghiasi bagian gerbang dari stasiun ini.

Stasiun Hauptbahnhof Berlin, Jerman

Stasiun Hauptbahnhof, Jerman
Stasiun yang juga merupakan titik focus dari semua jaringan kereta api Jerman ini menjadi stasiun termegah di dunia selanjutnya.  Stasiun yang juga dikenal sebagai Berlin Central Station sebenarnya dibangun diatas lokasi yang dulunya stasiun kuno jerman bernama Lehter Begnhof yang pernah hancur akibat perang dunia ke II.  

Dalam pembuatan stasiun ini membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 11 tahun.  Stasiun yang mulai dibuka pada tahun 2006 ini dapat disebut sebagai stasiun yang megah karena terdapat struktur multi-level yang besar  dengan ruang kaca yang panjangnya hingga 321 meter, serta atap yang ditutupi dengan kaca memungkinkan anda yang berada didalam ruangan merasakan sensasi seperti sedang beradda diluar ruangan.

Gare du Nord Paris, Perancis

Stasiun Gare du Nord Paris, Perancis
Berikutnya stasiun yang berada di Paris Perancis bernama Gare du Nord.  Dengan jumlah penumpang yang begitu banyak setiap tahunnya yang mencapai 190 juta peumpang per tahun membuat stasiun ini menjadi stasiun tersibuk di Eropa.  

Terdapat sejarah panjang yang menyelimuti stasiun yang bergaya Art-Deco ini.  Stasiun ini sempat ditutp dan akhirnya dibuka kembali di tahun 1846.  Karena kurangnya ruang di stasiun ini akhirnya stasiun ini direnovasi pada tahun 1860.  Stasiun ini dubuka kembali pada tahun 1865 dengan desain awalnya.  Kini stasiun tersebut dengan 23 patung perempuan yang mereprentasinkan tujuan dari kereta api distasiun tersebut.

Central Station Antwerp, Belgia

Stasiun Central Station Antwerp, Belgia
Stasiun yang awalnya merupakan stasiun kayu ini merupakan stasiun terpopuler di Belgia. Stasiun yang sebelumnya pernah tutup ini di buka kembali pada tahun 1854. Kemudian stasiun ini mengalami pemugaran pada Agustus 1905. Stasiun ini juga sempat menjalani beberapa renovasi berutrut-turut dari 1993 dan 2009.  

Dengan dua byah pintu masuk serta kubah yang terdapat diatas bangunan ini membuat stasiun ini terlihat megah dan merupakan sebuah kebanggan bagi masyarakat BElgia.  Kubah dari bangunan ini merupakan rancangan dari seorang arsitek asal Belgia bernama Louis Delacenserie. Selain itu menara-menara kecil juga melengkapi kindahan dari stasiun ini.  ruang tungguya yang indah serta patung singa yang garang melengkapi kemegahan dari stasiun ini.

Station Pancras London, Inggris

Stasiun Pancras London, Inggris
London menjadi kota selanjutnya yang memiliki stasiun termegah di dunia.  Stasiun dengan arsitektur viktoria ini merupakan stasiun yang bersejarah.  Parnah ditutup dan kemudian dibuka kembali pada tahun 1868 yang kemudian mengalami renovasi pada tahun 2001 sampai 2007.  


Stasiun yang sampai pada saat ini menjadi stasiun yang merupakan titik sentral dari kehidupan lokomotif di Inggris. Insinyur asal Inggris bernama William Henry Barlow inilah yang membuat rancangan arsitektur bangunan ini dengan menawan.  Stasiun yang mempunyai sebuah bar terpanjang di Eropa ini tentu saja menjadi alat transportasi dan juga kebanggaan bagi masyarakat London.

Grand Central Terminal New York, Amerika Serikat

Stasiun Grand Central Terminal New York, Amerika Serikat
Yang menjadi kota terakhir yang memiliki stasiun termegah di dunia adalah New York.  Stasiun yang dibuka pada tahun 1913 ini pernah mengalami renovasi pada tahun 1994.  Grand Central Terminal yang terletak di Midtown Manhattan ini juga menjadi landmark arsitektur di kota New York.  Satsiun yang dibangun diatas lahan seluas 28,2 hektar ini mempunyai arsitektur dengan gaya yang klasik namun tetap tak ada sentuhan meodrnnya.(serumenarik.com)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga