10 Desember 2018

author photo
Waktu Yang tepat untuk menimbang berat badan
Ilustrasi Menimbang Berat Badan | @Shutterstock/Lisa S.
Wowuniknya.net - Sering kali ketika kita ingin melakukan diet yang tujuannya untuk menurunkan berat badan kadang kali kita takut untuk melihat berapa nilai berat badan yang telah terbuang pada aktifitas diet yang telah dilakukan.

Namun tahukan kalian bahwa cara anda menimbang berat badan kadang kali salah, dan ternyata ada cara khusus untuk menimbang berat badan yang efekti serta terdapat waktu yang tepat untuk menimbang berat badan?

Dilansir Merdeka, "Menimbang berat badan sebaiknya dilakukan seminggu sekali di pagi hari," ujar dokter Raissa Edwina, seorang spesialis Gizi.

Raissa menjelaskan waktu ideal menimbang berat badan adalah setelah bangun tidur dan buang air kecil. Kamu juga harus memastikan pakaian yang dipakai saat ini cukup ringan.

Jangan menimbang berat badan setelah minum air, apalagi di siang dan malam hari ketika perut sudah terisi.

"Harus buang air kecil dulu. Kandung kemih yang penuh bisa menambah berat badan sampai 1,5 kilogram. Dan harus di pagi hari karena berat badan lebih stabil," katanya.


Jenis timbangan yang digunakan juga berbeda tergantung dengan aktivitas yang baru dilakukan. Seseorang yang tengah intens berolahraga dengan orang lain yang tidak membutuhkan jenis timbangan yang berbeda.

Jika sedang melakukan program diet, penting mengetahui detail bobot tubuh. Mulai dari massa otot, lemak dan air. Bisa saja beratnya tetap sama setelah berolahraga akibat massa lemaknya berkurang dan massa ototnya meningkat.

"Ada timbangannya sendiri. Biasanya, ada di tempat gym. Tapi, kalau mau manual adalah mengukur lingkar pinggang. Maksimal pinggang perempuan 80 sentimeter, sedangkan laki-laki di atas 90 sentimeter," jelasnya.

Selain frekuensi pengukuran berat badan, berolahraga terlalu sering juga tidak baik bagi tubuh. Pilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan dan frekuensinya tidak berlebihan.

Nah sekarang kalian sudah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menimbang berat badan anda, jadi jangan salahkan jika berat badan anda tiba-tiba bertambah karna kurangnya informasi.

(Ref: wowuniknya.net, merdeka, dream, berbagai sumber)
Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga