30 Agustus 2018

author photo
Anemia adalah keadaan saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin yang memungkinkan mereka mengangkut oksigen dari jantung yang diperoleh dari paru-paru, dan kemudian mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh.

Rata-rata kasus anemia disebabkan oleh sedikitnya jumlah sel darah merah (eritrosit) dalam tubuh. Selain itu, sel darah merah yang tidak mengandung cukup hemoglobin juga bisa mengarah pada anemia.

Dampaknya, kamu menjadi mudah lelah, pusing, pucat serta sulit untuk berkonsentrasi. Maka dari itu, kamu harus memenuho beberapa nutrisi yang bisa membantu kamu mengatasi anemia. Yuk langsung saja simak!

1. Zat besi

Zat Besi
Umumnya, anemia terjadi akibat kekurangan zat besi dalam tubuh. Jumlah zat besi yang tidak normal akan membuat produksi sel darah merah terganggu. Padahal, sel darah merah berperan penting untuk menghantarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh penjuru tubuh.

Untuk mencukupi kebutuhan zat besi, Anda dianjurkan makan daging merah, seperti daging sapi, daging kambing, hati dan ginjal sapi, kuning telur, serta kacang-kacangan. Sayuran berdaun gelap juga mengandung banyak zat besi seperti bayam, kangkung, dan sawi.

2. Vitamin B12

Vitamin b12
Selain zat besi, vitamin B12 adalah nutrisi lain yang juga bertugas untuk mendukung produksi sel darah merah dalam tubuh. Itu sebabnya saat Anda mengalami anemia, konsumsi makanan sumber vitamin B12 sangat dianjurkan demi membantu menambah jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Daging merah, daging unggas, ikan, telur, susu, dan keju merupakan beberapa bahan makanan yang bisa jadi pilihan.

3. Asam folat

Asam Folat
Asam folat (vitamin B9) dalam tubuh diperlukan untuk membentuk sel-sel baru, termasuk sel darah merah. Sayangnya, tubuh tidak mampu menyimpan terlalu banyak asam folat.

Oleh karena itu, Anda butuh asupan makanan sumber asam folat, meliputi sayuran berdaun hijau gelap, kacang-kacangan, buah bit, serta sereal yang telah diperkaya dengan asam folat.

4. Vitamin A

Vitamin A
Tidak hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, ternyata makanan yang kaya vitamin A seperti sayuran dengan daun hijau gelap, ubi jalar, labu, wortel, paprika merah, dan semangka, bermanfaat untuk mengatasi anemia.

Sumber makanan tersebut ampuh untuk menambah jumlah produksi sel darah merah dalam tubuh.

5. Vitamin C

Vitamin C
Sedikit berbeda dengan beberapa nutrisi sebelumnya. Vitamin C mungkin tidak berperan secara langsung untuk memproduksi sel darah merah, melainkan membantu penyerapan dan penyimpanan zat besi yang nantinya bisa mengoptimalkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Untuk memenuhinya, Anda bisa makan jambu biji, jeruk, stroberi, pepaya, kiwi, atau nanas.

(Ref: wowuniknya.net, hellosehat.com, berbagai sumber)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga