01 Juni 2018

author photo
Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).

Masyarakat di dunia salah satu nya Indonesia, sangat suka mengkonsumsi kopi di pagi maupun malam hari. Kopi memang membantu kita salah satunya agar tidak mengantuk. Tapi tahukah kamu? ada beberapa kopi yang termahal di dunia? Apakah Indonesia termasuk? yuk langsung saja simak!

1. Kopi Mi Esperanza

Kopi Mi Esperanza
Honduras mempunyai kualitas kopi terbaik di kawasan Amerika Tengah. Kopi Honduras ini memiliki rasa yang beragam, tergantung dari proses roasting.

Kopi Honduras lebih dikenal dengan lightly fruited, caramel, dan tingkat keasamaan rendah yang pas untuk secangkir espresso. Salah satu kopi terbaiknya adalah mi esperanza yang dijual dengan harga US$ 35 atau sekitar Rp 460 ribu per 456,3 gram.

2. Kopi Los Planes

Kopi Los Planes
Tak berbeda jauh dari Honduras, El Savador yang masih terletak di kawasan Amerika Tengah juga memiliki ciri khas kopi yang serupa. Industri kopi berkembang pesat di El Salvador dan merupakan hasil bumi utama.

Kopi los planes dibudidayakan di wilayah pegunungan Chalatenango dan pernah mendapatkan penghargaan sebagai juara 2 di ajang Cup of Excellence pada 2006. Kopi los planes di bandrol dengan harga US$ 40 atau sekitar Rp 533 ribu per 456,3 gram. 

3. Kopi Blue Mountain

Kopi Blue Mountain
Selain penghasil bauksit terbesar, ternyata Jamaika memiliki kopi enak yang dikenal dunia. Kopi blue mountain memiliki reputasi baik, tumbuh di ketinggian 5.000 kaki di atas permukaan laut.

Tentunya dengan curah hujan yang tinggi mempengaruhi pertumbuhannya ketika diproses. Kopi ini terkenal karena hampir tak memiliki rasa pahit. Kopi Blue Mountain dihargai US$ 49 atau sekitar Rp 652 ribu per 453,6 gram.

4. Kopi Molokai 

Kopi Molokai
Hawaii merupakan salah satu pulau wisata paling terkenal di dunia, potensi keindahan alam serta wisata bahari yang sangat unik membuatnya dikenal hampir seluruh pelosok dunia. Iklim dan kondisi tanah di Hawaii juga sangat baik untuk menghasilkan bijih kopi andalan.

Salah satu kopi terbaik di Hawaii adalah Molokai yang ditanam di daerah Kualapu’u seluas 460 hektare. Harga kopi per 453.6 gramnya adalah US$ 51 atau setara dengan Rp 679 ribu.

5. Kopi St. Helena

Kopi St. Helena
Seperti nama asalnya, kopi Saint Helena dijual dengan harga US$ 79 atau sekitar Rp 1 juta. Spesialnya dari kopi ini adalah dibutuhkan waktu selama 4 bulan untuk mengeringkan dan menjemur bijih kopinya. Selain itu, kopi Saint Helena memiliki rasa yang menakjubkan dengan floral-fruity hints a la citrus dan caramel.  

6. Kopi Luwak

Kopi Luwak
Kopi luwak memang sudah menjadi ciri khas kopi Indonesia yang terkenal sangat mahal. Hal ini dikarenakan metode menghasilkan bijih kopinya yang cukup unik. Bijih kopi didapatkan melalui proses fermentasi di dalam tubuh Musang Luwak yang memang gemar makan buah kopi.  

Aroma dan rasa kopi luwak memang terasa spesial dan sempurna di kalangan para penggemar dan penikmat kopi di seluruh dunia. Kopi luwak dibandrol US$ 160 atau sekitar Rp 2 juta per 453,6 gram.

7. Hacienda La Esmeralda

Kopi Hacienda la Esmeralda
Banyak yang masih mengira kopi luwak merupakan yang paling mahal di dunia, apakah kamu salah satunya? Pemegang rekor kopi termahal ternyata dipegang oleh kopi Hacienda la Esmeralda dengan harga US$ 350,25 atau seharga Rp 4 jutaan dalam pelelangan di Panama.

Kopi ini mendapatkan penghargaan tertinggi dalam pelelangan karena cukup susah menanam dan mengolahnya. Kamu harus mencoba kopi Hacienda la Esmeralda yang dikenal cukup langka dan rasanya kuat. 

(Ref: wowuniknya.net, idntimes.com, berbagai sumber)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga