07 Mei 2018

author photo
Kereta bawah tanah adalah sebuah jalur rel penumpang listrik di wilayah dalam kota dengan kapasitas dan frekuensi yang tinggi, dan pemisahan jalur dari sistem transportasi lainnya. Sistem angkutan cepat umumnhya ditempatkan di terowongan bawah tanah atau rel melayang yang berada di atas tanah. Di luar wilayah perkotaan, jalur angkutan cepat mungkin dibuka di permukaan tanah dengan jalur terpisah.

Tahukah kamu? bahwa ada desain stasiun di beberapa negara yang amat keren? Ada yang di desain seperti lebih ke alam agarterlihat sejuk di pandang dan ada yang di desain dengan warna yang sangat elegan. Mau tahu? Yuk langsung saja simak!

1. Burjuman Station, Dubai

Burjuman Station, Dubai
Tak ada yang tak mungkin bagi Dubai. Bahkan inilah salah satu negara yang memiliki vending machine untuk mengambil emas batangan. Ada banyak tempat wisata menakjubkan tingkat dunia di Dubai.

Sebagai negara yang kaya raya karena minyak bumi, bukan mustahil jika Dubai mampu membangun sebuah stasiun kereta bawah tanah yang sangat mewah seperti berada di sebuah hotel bintang lima.

2. Zoloti Vorota Station, Ukraina

Zoloti Vorota Station, Ukraina
Bangunan stasiun bawah tanah di Kiev, Ukraina ini bahkan tak ada yang menyangka jika ini adalah sebuah stasiun kereta.

Gaya bangunan seperti ini biasanya merupakan gaya bangunan istana mewah dan megah pada masa Romawi kuno atau Kekaisaran sebelumnya.

Namun, inilah bangunan stasiun kereta api bawah tanah di Ukraina yang akan membuatmu betah berlama-lama mengoleksi beberapa foto dengan berbagai angle yang berbeda.

3. Museum Station, Kanada

Museum Station, Kanada
Benar, meskipun dinamakan museum, kereta bawah tanah ini masih berfungsi sebagai tempat transit para penumpang kereta bawah tanah di kota Toronto, Kanada.

Beberapa aksesoris bergaya Mesir kuno memang sangat kental di stasiun yang satu ini. Misalnya patung-patung Firaun berdiri tegak bersama dengan pilar-pilar yang menyangga atap stasiun.

Stasiun ini direnovasi pada tahun 2008 oleh salah satu perusahaan yang amat terobsesi membangun sebuah lingkungan bergaya Mesir kuno yang dikelingi oleh patung patung Pharao atau Firaun demi mengenalkan pengguna kereta bahwa ada sebuah Royal Ontario Museum yang berdekatan dengan stasiun kereta ini. Strategi yang sangat menarik bukan?

4. Universita Station, Italia

Universita Station, Italia
Stasiun kereta bawah tanah di Naples, Italia ini memang memiliki tema yang amat kekinian bergaya seni modern, pop culture yang diusung seniman muda masa kini.

Stasiun dengan gaya kekinian ini diresmikan pada tahun 2011 yang dirancang oleh arsitek Karim Rasid dengan permainan warna pastel yang memukau mulai dari dinding-dindingnya hingga pantulan cahaya dari lantainya yang melengkapi keindahan stasiun paling hype ini.

Beberapa benda seni pun diletakan di beberap sudut stasiun kereta bawah tanah ini demi menghiasi stasiun yang selama ini terkesan kaku dan kurang fleksibel. Kesan kaku akan langsung hilang begitu melihat beberapa permainan warna yang berani di dinging stasiun sehingga membuat suasana yang melihatnya lebih ceria dan bahagia.

5. Central Park Station, Taiwan

Central Park Station, Taiwan
Negeri ini memang menjadi salah satu tempat wisata paling banyak dikunjungi oleh wisatawan asal Indonesia. Coba deh desain stasiun bawah tananya yang begitu menyatu dengan alam. Semua serab hijau sehingga membuat mood kamu menjadi lebih bersemangat untuk menjalani aktifitas pada pagi hari.

Central Park Station di kota Kaohsiung ini memiliki desain interior perkebunan yang sangat apik menenpatkan beberapa tumbuhan di sisi kanan dan kiri tangga.

Sayangnya tumbuhan ini termasuk tumbuhan buatan dengan warna warni alami layaknya sebuah tumbuhan aslinya. Meskipun demikian tetap saja indoor garden ini menjadi salah satu karya arsitek Inggir Richard Rogers yang patut diapresiasi.

(Ref:wowuniknya.net, bog.reservasi.com, berbagai sumber)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga