25 Agustus 2017

author photo
Film-film Bollywood secara resmi disebut sinema Hindi. Meskipun demikian, film Bollywood juga dibuat dengan berbahasa Urdu. Ada pula film-film yang memasukkan percakapan dan lagu-lagu dalam bahasa Inggris India. Bukan hal yang aneh bila menonton film India yang berisi dialog bercampur kata-kata bahasa Inggris, atau bahkan kalimat berbahasa Inggris.

Bollywood juga terkenal dengan artis ataupun aktornya yang mempunyai paras yang cantik dan juga ganteng, beberapa bintang bollywood juga mempunyai kekayaan yang luar biasa melimpah.

Dilansir DW, Bollywood adalah tambang uang bagi para bintangnya. Sejumlah film buatan industri film India itu juga sukses di pasar dunia dan mampu bersaing dengan film Hollywood. Inilah 10 aktor Bollywood paling tajir.

10. Hrithik Roshan

Hrithik Roshan
Media India menjuluki Hrithik Roshan sebagai salah satu selebriti paling atraktif. Memulai karirr sejak masih anak-anak dan secara bertahap memantapkan posisi sebagai aktor unggulan India dan sebagai bintang film dunia. Kekayaan 45 juta US dolar, honornya dari main film sekitar 5,5 juta USD per tahun.

9. Irrfan Khan

Irrfan Khan
Aktor film Bollywood ini terutama membintangi film berbahasa Hindi. Tapi aktingnya juga bisa dilihat dalam film buatan Inggris dan Hollywood. Film yang ia bintangi dan mencatat sukses antara lain Slumdog Millionare dan Life of Pi ini punya kekayaan 50 juta US dolar. Honornya rata-rata 4 juta USD untuk satu film.

8. John Abraham

John Abraham
Aktor India ini adalah mantan model iklan. Tahun 2015 aktor dengan nama Inggris ini mengantongi pendapatan hingga 80 juta dolar, yang merupakan rekor honor tertinggi buat seorang bintang film Bollywood. Bintang film berusia 45 tahun ini punya kekayaan 55 juta dolar.

7. Ranbir Kapoor

Ranbir Kapoor
Aktor Bollywood ini jadi salah satu selebriti paling populer dan mematok honor cukup tinggi, antara 9 juta hingga 12 juta US dolar per film. Kekayaan aktor India berusia 35 tahun ini ditaksir mencapai 66 juta dolar.

6. Dharmendra

Dharmendra
Aktor kawakan berusia 72 tahun ini terkenal karena film laganya di tahun 1970-an, hingga dijuluki "Action-King" atau "He-man". Ia dianugerahi Lifetime Achivement Award untuk kontribusinya bagi film berbahasa Hindi. Dharmendra main dalam sekitar 100 film dan saat ini punya kekayaan 70 juta US dolar.

5. Akshay Kumar

Akshay Kumar
Aktor film laga ini, juga merangkap sebagai produser. Main dalam lebih 100 film Hindi dan dua kali menang Filmfare Award, sekelas Oscarnya Bollywood. Dalam peringkat aktor dunia dengan penghasilan tertinggi 2017 versi Forbes, nama Akshay Kumar bercokol di posisi 10, dengan pendapatan 35,5 juta US dolar. Kekayaannya 180 juta dolar.

4. Aamir Khan

Aamir Khan
Aktor, sutradara dan produser film berbahasa Hindi Bollywood ini memantapkan dirinya sebagai aktor paling populer dan berpengaruh dalam sinema India. Aamir Khan juga dikenal dengan tampilannya yang kreatif, intelek serta dinamis baik di film layar lebar maupun di layar kaca. Kekayaannya disebut mencapai 185 juta dolar.

3. Salman Khan

Salman Khan
Nama aslinya Abdul Rashid Salman Khan, aktor, produser dan bintang televisi India ini, diberi julukan "perfeksionis". Ia menyabet 4 penghargaan film nasional dan 7 Filmfare Award. Salman Khan punya kekayaan 200 juta US dolar. Namanya juga tercantum di ranking 8 dalam daftar 10 aktor berpengasilan tertinggi versi Forbes, dengan meraup pendapatan 37 juta US dolar pada 2017.

2. Amitabh Bachchan

Amitabh Bachchan
Bintang film kawasan berusia 75 tahun ini terkenal di periode tahun 1970-an. Legenda dalam industri sinema India, menyebut Bollywood sebagai sumber inspirasi bagi para bintang yang meraih sukses. Ia juga dijuluki "bapak angkatnya" para aktor dan artis Bollywood. Kekayaannya ditaksir lebih 400 juta dolar.

1. Shah Rukh Khan

Shah Rukh Khan
Pemuncak ranking dalam sinema India, sudah bisa diduga, siapa lagi kalau bukan Shah Rukh Khan. Aktor berusia 52 tahun ini bermain dalam lebih 300 film. Menyabet 207 penghargaan dan 29 kali sebagai aktor terbaik sinema India. Kekayaannya lebih 600 juta dolar Namanya juga tercantum di posisi ke-7 dalam daftar aktor dunia berpengasilan tertinggi versi Forbes 2017.

(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, Deutsche Welle, as/ml, dari berbagai sumber)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga