02 Juni 2017

author photo
Syarat primer sebuah negara adalah memiliki rakyat, memiliki wilayah, dan memiliki pemerintahan yang berdaulat. Sedangkan syarat sekundernya adalah mendapat pengakuan dari negara lain. Namun bagaiman dengan negara terkecil di dunia ini namun tidak diakui?

Dilansir Deutsche Welle, Kugelmugel, Sealand dan Zaqistan. Itu negara-negara mikro. Mereka nyatakan diri sebagai wilayah berdaulat dan republik. Mereka kerap keluarkan paspor sendiri dan mata uang. Tapi tidak ada pengakuan resmi dari manapun. Berikut daftar negara terkecil di dunia.

1. Kerajaan Negeri Laut Utara

1. Kerajaan Negeri Laut Utara
Negara mikro Sealand dengan pemandangan laut ini ukurannya hanya sebesar dua lapangan tenis. Paddy Bates dan keluarganya menduduki benteng penangkis serangan udara dari PDII di Laut Utara Roughs Towers tahun 1967. Beberapa tahun setelahnya menyatakan diri sebagai negara independen. Sealand punya bendera dan mata uang sendiri. Sekarang dipimpin Pangeran Michael.

2. Negeri Bebas Christiania

2. Negeri Bebas Christiania
Ini impian kaum hippies Denmark yang jadi kenyataan. Christiania diciptakan di sebuah pemukiman militer di ibukota Denmark, Copenhagen tahun 1971. Seniman, kaum idealis dan orang-orang lain dari seluruh Eropa menyatakan area itu otonom. Selama bertahun-tahun, "negeri bebas" sering bersengketa dengan pemerintah, terutama karena urusan perdagangan kanabis.

3. Republik Kugelmugel

3. Republik Kugelmugel
Ini foto rumah berbentuk bulat, rancangan seniman Austria Edwin Lipburger. Di sekelilingnya berdiri pagar berduri. Lokasinya di taman Prater, Wina. Menurut situsnya, ini negara terkecil di dunia. Warganya 650 orang, dan semua orang dipersilahkan datang ke Kugelmugel.

4. Republik Molossia

4. Republik Molossia
Sebuah republik yang menyatakan kedaulatan sendiri tanpa diakui PBB adalah Molossia di Nevada, AS. Presidennya Kevin Baugh. Tahun 2014 republik ini merayakan kemerdekaan 40 tahun. Molossia mengakui resmi beberapa negara mikro lain, dan punya "koloni" di Kalifornia. 2009 mereka menetapkan larangan bagi penggunaan kantung plastik untuk berbelanja.

5. Republik Zaqistan

5. Republik Zaqistan
Seniman New York Zaq Landsberg membeli dua hektar tanah yang terpencil di negara bagian Utah, AS, 11 tahun lalu. Di sana ia mendirikan Republik Zaqistan, dan menyatakan diri merdeka dari AS. Ini merupakan proyek seni untuk melihat seberapa jauh ia bisa "menuntut kemerdekaan dan kepemilikan wilayah." Impor utamanya air. Kawasan kosong itu dijaga robot. Orang banyak yang ingin berkunjung.

6. Negara Berdaulat Forvik

6. Negara Berdaulat Forvik
Dengan sekitar 25$ per tahun, orang bisa meminta keanggotaan, yang memberikan hak atas paspor dan jatah keuntungan yang diperoleh Forvik. Stuart Hill menyatakan pulau kecil Forvik di Shetland merdeka dari Inggris. Ia juga merancang mata uangnya, Guled dan mendirikan parlemen. Cuaca di negeri itu: banyak angin dan hujan.

7. Republik Uzupis

7. Republik Uzupis
1997 sejumlah seniman mendirikan Republik Uzupis di kawasan ibukota Lithuania Vilnius. Seperti negeri mikro lainnya, Uzupis punya bendera sendiri, mata uang, presiden, lagu kebangsaan dan konstitusi. Salah satu pasalnya menyatakan "semua orang berhak punya keunikan tersendiri". Pasal lainnya menyatakan "berhak tidak merasa senang." Hari Kemerdekaannya tanggal 1 April (bukan April Mop!).

8. Akhzivland

Akhzivland
Eli Avivi ada dalam situasi terancam ketika buldoser tiba untuk menghancurkan rumahnya di bagian pantai utara Israel tahun 1971. Sebagai aksi protes ia menyatakan berdirinya Akhzivland. Sekarang properti kecil yang punya kawasan untuk camping dan sebuah museum jadi atraksi wisata. Jika beruntung, Avivi akan memberi stempel di paspor wisatawan.

Baca Juga :
  1. Inilah 8 Fakta Ajaib Air Susu Ibu Yang Mungkin Kalian Belum Ketahui
  2. [VIDEO] Gempar Seorang Penumpang Pesawat Merekam Benda Misterius Dibalik Awan
  3. Menegangkan, Inilah Detik-detik Eskalator Mendadak Berbalik Arah, 18 Orang Terluka
  4. Inilah Makanan Yang Dapat Merusak Otak Hingga Menimbulkan Penyakit Alzheimer
  5. Di Turki, Anak-anak yang Rajin Sholat Berjamaah ke Masjid Dapat Hadiah Sepeda

(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, Deutsche Welle, Dagmar Breitenbach (ml/hp)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga