12 Januari 2017

author photo
Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis foto mengagumkan bulan dan bumi dalam satu frame dilihat dari Mars.

Citra bumi dan bulan ini diambil dengan kamera High Resolution Imaging Science Experiment (HiRiSE) pada wahana Mars Reconnaissance Orbiter (Semoga tak ada yang menganggap wahana ini hoax).

Bumi dan Bulan yang dilihat dari Mars
HiRISE mengambil foto bumi dan bulan dengan gelombang inframerah, merah, dan biru-hijau. Wilayah kemerahan pada bagian atas bumi adalah Asia Tenggara. Sementara, wilayah Antartika tampak terang di bagian bawah kiri.

Foto mengagumkan itu, seperti diterangkan si situs web NASA pada Jumat (6/1/2017) lalu diperoleh dari gambar hasil dua kali jepretan pada 20 November 2016 lalu.

Foto diolah sehingga bulan tampak lebih cerlang secara relatif terhadap bumi. Aslinya, bulan tampak lebih gelap. 

Dalam foto, bumi dan bulan terlihat berdekatan meski sebenarnya berjarak 384.000 kilometer. Jarak yang terkesan dekat disebabkan oleh posisi bulan yang kebetulan sedang berada di belakang bumi dari sudut pandang Mars.

Belakangan, pandangan bahwa bumi datar marak. Foto bumi dan bulan ini sekaligus memberi gambaran bahwa bumi, bulan, dan sejumlah obyek lain di tata surya berbentuk bulat atau mendekati.

Baca Juga :
  1. Seperti Inilah Detik-detik Sakaratul Maut Iblis Dihari Kiamat Nanti
  2. 6 Aplikasi Anti Pelecehan Seksual Yang Harus Kamu Tahu! Khususnya Wanita!
  3. Inilah Alasan Mengapa Anak-anak Sebaiknya Dilarang Main Smartphone!
  4. Temukan Tanda Ini di Pantai Saat Berenang, Segeralah Menghindar Karena Nyawa Taruhannya
  5. Karena Ulah Manusia, Pulau di China Ini Berubah Menjadi Daratan Sampah

(Ref: sandk, catatansandk.com, sains.kompas.com)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga