07 Desember 2016

author photo
Gempa berkekuatan 6,4 SR mengguncang wilayah Pidie Jaya, Provinsi Aceh, Rabu (7/12) pagi tadi. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat beberapa kerusakan yang terjadi akibat gempa.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan data sementara terdapat 10 rumah yang roboh.

"1 Orang luka, 10 ruko roboh, 4 rumah roboh, beberapa tiang listrik roboh di Pidie Jaya," ujar Sutopo dalam pesan singkatnya.

Sutopo menambahkan sebuah rumah di perbatasan antara Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya yaitu di Kecamatan Gelumpang Tiga Kabupaten Pidie juga roboh dan menimpa penghuninya. Tak hanya itu, bangunan di Kecamatan Bandarbaru Kabupaten Pidie Jaya juga roboh. Kemudian, ada beberapa bangunan di Ulle Glee Kabupaten Pidie roboh. Sedangkan di Kabupaten Bireuen terdapat masjid yang rusak akibat gempa.

Posko BNPB, lanjut Sutopo, melaporkan jika gempa dirasakan selama 15 detik di wilayah Kabupaten Pidie Jaya dan Kabupaten Pidie. Sontak, warga pun langsung panik berhamburan keluar rumah.

Dampak gempa Aceh 6,4 Skala Richter di Kabupaten Pidie menimbulkan sejumlah kerugian material. Gempa yang terjadi subuh pagi tadi memang terasa begitu kuat dan waktu yang terbilang lama.

Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Aceh, Heni, mengatakan, pihaknya baru menerima sejumlah data kerusakan akibat gempa tersebut. Selain bangunan berupa ruko, gempa juga merusak SPBU dan masjid.

"SPBU Ulee Gle rusak, warung Kopi Umar Kumis di kompleks SPBU Ulee Gle hancur. Kubah Masjid Dayah Mudi Mesra Samalanga jatuh," jelasnya dilansir oleh merdeka.com, Rabu (7/12).

Kerusakan Gempa Aceh 2016
Selain itu, juga terjadi kerusakan di gedung sekolah. Bahkan ruko berlantai keempat roboh hingga rata dengan tanah.

"Gedung lantai IV STAI Al-Aziziah roboh, Meunasah Muko Kuthang Ulee Gle hancur dan toko berkonstruksi empat lantai di Luengputu juga roboh," pungkasnya.

Sampai saat ini, pihaknya baru mendata satu orang terluka akibat tertimpa puning bangunan roboh.


Kerusakan Gempa Aceh 2016 Merdeka.com
Terpisah, dalam akun Twitter resmi Kepala Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, menyebut korban luka dilarikan ke RSUD Pidie Jaya.

Baca Juga :
  1. Sedih! Orangtua Ini Dipukuli Oleh Anaknya di Depan Publik, Alasannya Sungguh Sepele
  2. Awas! Inilah 6 Narkoba Yang Dapat Ditemukan di Sekitar Rumah Kita
  3. Inilah Mangkuk Bekas Minum Nabi Muhammad SAW, Siapa Saja Akan Menangis Melihatnya
  4. 10 Lokasi Paling Menyeramkan di Dunia
  5. Ternyata Buah Ini Mempunyai Kadar Gula Yang Tinggi!

(Ref: sandk, catatansandk.com, merdeka.com)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga