26 November 2016

author photo
Foto adalah gambar diam baik berwarna maupun hitam-putih yang dihasilkan oleh kamera yang merekam suatu objek atau kejadian atau keadaan pada suatu waktu tertentu. Foto adalah cerita. 

Foto adalah satu komponen yang yang vital. Sebab foto merupakan salah satu daya pemikat bagi para pembaca nya. Selain itu, foto merupakan pelengkap dari berita tulis.atau teks dan dari Penggabungan keduanya, teks dan gambar, sesuai dengan kenyataan dari sebuah peristiwa, juga seolah mengikutsertakan pembaca sebagai saksi dari peristiwa tersebut.

Kelebihan dari sebuah foto sebagai medium komunikasi visual menjadikan lebih mudah dipahami dari pada tulisan yang membutuhkan waktu, tenaga dan pikiran. foto juga menyampaikan bahasa visual yang bisa menggambarkan beragam informasi dengan detil dan gamblang sehingga mampu mendefinisikan suatu kejadian yang utuh tanpa ada rekayasa itulah fotografi journalistik. Foto juga menjadi media yang sangat vital untuk menyampaikan sesuatu kondisi tertentu.

Foto jasad pengungsi cilik yang terdampar kini menjadi simbol dari ketidakberdayaan para pengungsi yang berusaha melarikan diri dari penderitaan di negara asal. Berikut foto-foto ikonik yang jadi simbol politik dunia.

1. Gadis Napalm

Gadis Napalm
Anak-anak berlari ketakutan setelah sebuah bom napalm dijatuhkan di desa mereka di Vietnam Selatan (1972). Phan Thi Kim Phuc, yang saat itu berusia 9 tahun, berhasil menyelamatkan diri dengan merobek dan melepas pakaiannya yang terbakar. Ia kini tiinggal di Kanada. Foto ini telah mempengaruhi opini publik terhadap Perang Vietnam.

2. Pelompat Tembok Berlin

Pelompat tembok berlin
15 Agustus 1961, prajurit Jerman Timur, Hans Conrad Schumann, mempertaruhkan nyawa dengan melompat kawat berduri. Dia membelot dari Jerman Timur ke Jerman Barat hanya tiga hari setelah Tembok Berlin mulai dibangun. Dalam masa hidupnya di Barat, Schumann menderita depresi dan bunuh diri pada tahun 1998.

3. Dust Lady

Dust Lady
Dengan sekujur tubuh diselimuti debu, Marcy Borders menyelamatkan diri dari World Trade Center, New York, setelah pesawat menghantam menara pertama, 11 September 2001. Ini menjadi salah satu gambar yang mendefinisikan serangan teroris. Marcy Borders, yang dikenal sebagai "Dust Lady," meninggal pada 26 Agustus 2015 pada usia 42, karena kanker perut, yang merupakan efek lanjutan dari tragedi itu.

4. Manusia Tank

Manusia Tank
5 Juni 1989, berdiri tanpa senjata, pria ini menghadang barisan tank yang tengah melaju. Sehari sebelumnya, dengan brutal militer Cina membubarkan aksi protes yang berlangsung di Lapangan Tiananmen, Beijing. Identitas dan nasib pengunjuk rasa ini sampai sekarang belum diketahui. Ia ditangkap tidak lama setelah Jeff Widener membidik foto ini.

5. Pencetus Radikalisasi Sayap Kiri

Pencetus Radikalisasi
2 Juni 1967, dengan kekerasan polisi Jerman menghalau demonstran yang memprotes kunjungan Shah Iran. Seorang mahasiswa, Benno Ohnesorg, tewas tertembak polisi. Kematiannya menyebabkan radikalisasi gerakan sayap kiri di Jerman. Istri Ohnesorg saat peristiwa tragis ini terjadi tengah mengandung anak pertama.

6. Pembunuhan John F. Kennedy

Pembunug John F. Kennedy
22 November 1963, Presiden AS John F. Kennedy tewas ditembak saat parade dengan mobil kap terbuka di Dallas. Secara tidak sengaja, Abraham Zapruder mengabadikan momen ini dengan kamera video. Abraham Zapruder kemudian mengijinkan pemakaian filmnya hanya untuk keperluan penyidikan.

Baca Juga :
  1. Inilah 9 Deretan Sungai Biru Paling Jernih di Dunia
  2. Aneh Tapi Nyata, Telinga Pria Asal China Ini Tumbuh di Tangan

7. Pembantaian München

Pembantaian München
Dalam Olimpiade 1972 di München, Jerman, 11 anggota tim Olimpiade Israel disandera, dan kemudian dibunuh, oleh kelompok teroris yang menamakan diri Black September. Foto yang menjadi ikon ini memperlihatkan salah seorang teroris tengah mengawasi ke bawah dari balkon.

8. Gadis Afghanistan

Gadis Afghanistan
Tahun 1985, foto karya Steve McCurry ini terpampang di sampul depan majalah National Geographic. Walaupun tidak menunjukkan kehidupan sang gadis sebagai pengungsi di Pakistan, namun foto ini menjadi salah satu simbol paling terkenal dari pendudukan Uni Soviet di Afghanistan, dan juga menjadi simbol nasib pengungsi di seluruh dunia. Keberadaan gadis ini baru dapat diketahui lagi pada tahun 2002. (Ref: sandk, catatansandk.com, dw.com, Pewarta Foto Indonesia, wikipedia)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga