26 November 2016

author photo
Islandia atau disebut juga Tanah Es adalah sebuah negara Nordik yang terletak di sebelah barat laut Eropa dan sebelah utara Samudera Atlantik, yang terdiri dari Pulau Islandia dan beberapa pulau kecil disekitarnya. Islandia terletak 300 kilometer di sebelah timur Greenland dan 1.000 kilometer dari Norwegia.

Apa saja yang Anda ketahui tentang Islandia? Negara ini mencuat setelah membuat kejutan di ajang Piala Eropa 2016 dengan mengalahkan tim-tim kuat seperti Inggris dan Austria. Dan berikut adalah informasi tentang negara Islandia..

1. Tidak Ada Militer, AL atau AU

Angkatan udara
Islandia tidak memiliki militer, angkatan udara maupun angkatan laut. Penjaga pantai yang bertanggung jawab atas keamanan dan penegakan hukum. Walau demikian, Islandia adalah anggota NATO dan berpartisipasi dalam inisiatif perdamaian.

2. Peri

Peri
Sebagai besar warga Islandia percaya akan adanya peri. Dan peri-peri ini biasanya tinggal di daerah bebatuan, punya kekuatan magis, dan akan marah jika tempat tinggalnya dirusak. Ada beberapa kasus yang melaporkan buldoser tidak berfungsi saat mencoba bekerja di lokasi yang diduga adalah tempat bermukim para peri.

3. Energi Vulkanik

Energi vulkanik
Islandia dikenal dengan aktivitas gunung berapinya. Dan ini dimanfaatkan oleh negara tersebut. Sekitar 85 persen energi di Islandia berasal dari sumber terbarukan dan lebih dari setengahnya adalah energi panas bumi (geothermal).

4. Golf Tengah Malam

Golf tengah malam
Di bulan Juni dan Juli, ada hari-hari di Islandia dimana matahari bersinar 24 jam. Pada hari-hari tersebut, hal yang khas di Islandia adalah bermain golf saat tengah malam.

5. Bayi Tidur Sendirian di Luar

Bayi tidur sendirian di luar
Jangan kaget jika saat berkunjung ke Islandia, Anda melihat di depan kafe-kafe ada banyak bayi di dalam kereta bayi yang ditinggalkan sendirian. Ibu mereka kemungkinan sedang berkumpul di dalam kafe dan mengawasi bayinya lewat jendela. Ini biasa dilakukan di Islandia, agar bayi tidak terganggu suara bising dalam kafe. Negara ini juga sangat aman, sehingga orang tua tidak perlu khawatir.

6. Jóhanna Sigurðardóttir

Jóhanna Sigurðardóttir
1 Februari 2009 ia menjadi perdana menteri perempuan pertama Islandia dan kepala pemerintah pertama di dunia yang secara terbuka menyatakan dirinya sebagai lesbian. Tahun 2010, Islandia meresmikan hukum kesetaraan pernikahan. Jóhanna dan pasangannya, Jonina Leosdóttir, menjadi salah satu pasangan gay Islandia pertama yang menikah secara resmi.

7. Bola Tangan

Bola tangan
Bukan sepak bola, melainkan bola tangan yang bisa dibilang adalah olahraga bangsa Islandia. Setiap orang di Islandia mengenal nama para pemain timnas. Pada Olimpiade 2008 di Beijing, timnas bola tangan pria Islandia memenangkan medali perak. Islandia adalah negara terkecil yang pernah meraih medali untuk olahraga beregu.

8. Jantung Burung Mentah

Burung puffin
Puffin adalah burung laut pelagis kecil dengan bulu hitam dan putih. Paruhnya berwarna unik. Wujud burung ini sangat lucu. Tapi di Islandia, daging burung puffin menjadi diolah menjadi masakan khas. Bahkan jantungnya disantap secara mentah-mentah dan dianggap sebagai makanan istimewa.

Baca Juga :
  1. Astaga! Inilah Yang Terjadi Jika Ular Sedang Stres
  2. Unik, Bar di Jepang Ini Didirikan Dari 100% Sampah

9. Tidak Ada Nama Keluarga

Ilustrasi kata
Mayoritas warga Islandia memiliki nama belakang yang terdiri dari nama ayah atau ibu dengan tambahan -dottir (-anak perempuan) atau -son (-anak laki-laki). Misalnya, nama depan ayah 'Gunnar', maka nama belakang anaknya 'Gunnarson' atau 'Gunnardottir'. Di buku telepon urutan yang dicantumkan juga berdasarkan nama depan, bukan nama belakang.

10. Coca Cola

Coca-Cola
Minuman soda ini memang digemari di seluruh dunia. Dan Islandia merupakan salah satu negara dengan tingkat konsumsi Coca Cola per kapita tertinggi di dunia. (Ref: sandk, catatansandk.com, dw.com, listverse, guidetoisland, crazyfacts, wikipedia)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga