15 Oktober 2016

author photo
Kita tahu bahwa sekarang negeri gajah putih atau Thailand sedang berkabung secara nasional, karena kematian Raha Bhumibol Adulaydej. Uniknya seluruh media di Thailand serentak mengubah tampilan mereka menjadi hitam putih yang dimaksudkan untuk menghormati kepergian sang raja.

Seperti di lansir Merdeka.com, Seluruh tampilan media di Thailand berubah menjadi hitam putih, pasca wafatnya Raja Bhumibol Adulaydej pada Kamis lalu. Tak hanya koran dan media online, siaran stasiun televisi juga tidak menampilkan warna apapun.

Kantor Berita AFP, Jumat (14/10), melaporkan pemerintah junta Thailand memerintahkan seluruh media mengubah program mereka dengan siaran yang sudah dipersiapkan kerajaan.

Situs Bangkok Post yang berubah menjadi hitam putih
"Seluruh stasiun televisi harus menautkan sinyal mereka ke pool televisi selama 30 hari," ujar juru bicara junta Letnan Jenderal Sanser Kaewkamnerd.

Tak hanya untuk stasiun TV lokal, peraturan itu juga berlaku untuk TV kabel internasional, termasuk Al Jazeera, BBC dan CNN.

Karena peraturan ini, warga Negeri Gajah Putih tidak akan mendapatkan akses berita independent di televisi mereka selama 30 hari, sebagai bentuk rasa berkabung atas meninggalnya Raja Bhumibol yang memimpin negara selama 70 tahun.

Hal yang sama juga diterapkan untuk media daring. Situs berita Bangkok Post, sebagai contohnya, kini mengubah seluruh tampilan warnanya menjadi hitam-putih., begitu pula dengan media The Nation Thailand.


Koran lokal seperti Thairath, Matichon juga melakukan hal yang sama. Tampilan monokrom juga diterapkan di Pantip, forum ngobrol paling populer di Thailand.

Kematian Raja Bhumibol membawa duka bagi Thailand. Raja yang paling lama memimpin monarki di dunia ini, sangat disayangi warganya. Raja Bhumibol wafat karena penyakit yang dideritanya. Dia meninggal dalam usia 88. (Ref: sandk, merdeka.com, bangkokpost.com)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga