13 Oktober 2016

author photo
Hiii Seremm!!!, Para pemuka agama di Rusia membuat pernyataan mengejutkan tentang mumi biksu Tibet yang kepergok keluyuran di museum dari rekaman CCTV. Padahal mumi biksu tersebut telah diawetkan selama 89 tahun.

Mumi biksu itu diletakkan dalam peti kaca di lantai dua dari 'istana' nya dekat Ulan Ude, Siberia. Namun, pada akhir pekan lalu, mumi tersebut nampak berkeliaran di sekitar Museum dalam upaya menyebarkan pesan perdamaian dunia.

Dashi-Dorzho Itigilov, nama mumi biksu tersebut, adalah biksu yang sangat dihormati di Rusia sebelum dan sesudah revolusi Bolshevik.

Mumi Dashi-Dorzho Itigilov
Dashi-Dorzho Itigilov (bahasa Rusia: Даши-Доржо Итигэлов; Buryat: Этигэлэй Дашадоржо; 1852–1927) adalah seorang lama Buddha Buryat dari tradisi Buddha Tibet, yang terkenal karena jasadnya yang tidak mengalami kerusakan pada umumnya dan termumikan secara alami.

Pada masa Perang Dunia Pertama, Itigilov memimpin perhimpunan "Buryat bersaudara", sebuah organisasi yang membantu tentara Rusia. Ia juga membantu pembuatan sejumlah rumah sakit, dengan dokter-dokter lama yang membantu para prajurit yang terluka. Karena aktivitas kepeduliannya, Itigilov dianugerahi Ordo St. Anna.

Pada 1926, Itigilov menyarankan para biarawan Buddha untuk meninggalkan Rusia, sejak "pengajaran merah datang ke tanah tersebut" sementara dirinya sendiri memilih untuk tetap berada di negara tersebut.Setahun kemudian, pada usia tujuh puluh lima tahun, ia meminta lama-lama lainnya untuk memulai upacara-upacara meditasi dan ritus-ritus pemakaman, sejak ia berkata bahwa ia akan meninggal. Para lama tidak ingin melakukan meditasi ini karena Itigilov masih hidup. Akibatnya, Itigilov bermeditasi sendirian sampai lama lainnya bergabung dengannya.

Beberapa umat Buddha percaya, biksu yang meninggal pada 1927 dan dimakamkan dalam keadaan duduk bersila sebelum jenazahnya digali dengan hampir tidak ada kerusakan itu tetap hidup atau berhibernasi di surga.

Rekaman CCTV yang memperlihatkan mumi Dashi berpindah
Kepala Buddha Tradisional Sangha, Biksu Damba Ayusheev, menyangkal pernyataan orang yang meragukan berita tersebut. Seperti bahwa mungkin saja gambar kabur dalam rekaman CCTV itu adalah seorang penjaga keamanan berseragam seperti militer membawa tas dan mengenakan sepatu.

Kepada Siberian Times, seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (13/10), dia mengatakan "satu gambar menunjukkan sosok kabur di bagian depan. Sementara gambar kedua, sehari kemudian, menunjukkan sosok yang sama di dekat sofa."

Rekaman CCTV yang memperlihatkan mumi Dashi berpindah
Dilansir dari laman Republik Buryatia, Ayusheev membuat pernyataan tertulis menegaskan sang biksu suci bangkit lagi. "Ini bukan lelucon, itu merupakan kenyataan."


Dia menambahkan, "Saya melihat sosok manusia, seperti Anda, dan saya tahu persis tidak ada seorangpun di Istana Khambo Biksu Itigilov saat ini."

Ayusheev menjelaskan penampakan pertama muncul pukul 8:05 waktu setempat. Pada saat itu, tidak ada petugas museum memiliki akses ke ruangan biksu pada waktu tersebut. Biksu Itigilov berjalan sekitar lima atau enam meter menyusuri lorong sebelum menghilang dari CCTV. (Ref: sandk, merdeka.com, wikipedia.org, siberiantimes.com)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga