26 Oktober 2016

author photo
Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama.

Orang-orang Asia Selatan dan Tenggara menggunakan jantung pisang sebagai sayuran. Mereka mengkonsumsinya baik dalam keadaan mentah maupun matang. Mereka sering menggunakannya dalam campuran sup, kari dan makanan yang digoreng.

Tahukah anda manfaat dari jantung pisang? Sebelum lebih jauh, Yuk kita lihat dulu kandungan apa saja yang ada di dalam jantung pisang ini

Jantung Pisang
Nilai Gizi Jantung Pisang

Menurut African Journal of Biotechnology, 100 g jantung pisang mengundung nutrisi seperti yang tercantum di bawah ini

51 kkal
1.6 g Protein
0.6 g Lemak
9.9 g Karbohidrat
5.7 g Serat
56 mg Kalsium
73.3 mg Phosphor
56.4 mg Besi
13 mg Tembaga
553,3 mg Kalium
48.7 mg Magnesium
1.07 mg Vitamin E
Manfaat Jantung Pisang Untuk Kesehatan

Jantung pisang sering disebut juga bunga pisang untuk berbagai alasan. Bunga-bunga ini memiliki bentuk yang indah, tetapi anda tidak boleh mengabaikannya sebagai elemen dekoratif semata. Mereka memiliki sejumlah manfaat kesehatan juga!

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan bunga pisang yang bisa kami rangkum:

1. Menangkal Infeksi

Salah satu manfaat jantung pisang yang menakjubkan adalah dalam menangkal infeksi. Jantung pisang mengobati infeksi, berkat ekstrak etanol yang dimilikinya. Jantung pisang menghambat pertumbuhan bakteri patogen. Beberapa diantaranya adalah subtalis bacillus, bacillus cereus, dan Escherichia coli. Jantung pisang juga membantu menyembuhkan luka. Menurut sebuah penelitian, ekstrak jantung pisang juga dapat menghambat pertumbuhan parasit malaria. Namun klaim ini belum terbukti.

2. Mengurangi Aktivitas Radikal Bebas

Kehadiran radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah serius. Untungnya, ekstrak metanol yang ada dalam jantung pisang memiliki sifat antioksidan. Kandungan ini dengan sempurna menangani radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada tubuh. Mereka mengatasi banyak masalah kesehatan, seperti penuaan dini dan kanker. Untuk menjadikan fungsi jantung pisang ini efektif sebagai agen antioksidan, masukkanlah menjadi bagian dalam suplemen makanan kesehatan anda.

3. Mengurangi Pendarahan Selama Menstruasi

Manfaat jantung pisang berikut ini mungkin telah dikenal di kalangan kaum hawa yaitu dalam mengatasi masalah-masalah menstruasi. Menstruasi membawa rasa sakit pada kebanyakan wanita. 

Baca Juga: 
  1. Manfaat Dari Buah Jeruk Limau
  2. 14 Manfaat Bunga Sepatu Untuk Kesehatan

Beberapa bahkan menderita gangguan menstruasi yang parah, seperti emosi yang labil, mudah marah, sakit kepala, dll., sementara yang lain mengalami perdarahan berlebih. Jantung pisang yang dimasak dapat membantu mengatasi masalah ini. Jantung pisang dimasak bersama dengan dadih atau yogurt akan meningkatkan hormon progesteron dalam tubuh dan mengurangi perdarahan.

4. Mengendalikan Diabetes Dan Anemia

Manfaat jantung pisang lainnya yang tak kalah penting adalah dalam mengendalikan diabetes dan anemia. Kandungan yang terdapat dalam jantung pisang mengurangi kadar gula darah. Selain itu, juga meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Namun, sama halnya dengan aktivitas antimikroba, efek hipoglikemik jantung pisang belum terbukti secara klinis.

5. Kaya Sumber Vitamin Dan Mineral

Jantung pisang mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, C, dan E. Mereka juga mengandung kalium dan serat. Inilah alasan mengapa mereka disebut makanan kesehatan yang sangat baik atau sumber nutrisi yang sehat.

6. Meningkatkan Mood dan Mengurangi Rasa Cemas

Mungkin inilah manfaat daun pisang yang bakal mengejutkan anda. Jangan mengambil obat anti depresan, jika anda merasa stress. Cobalah jantung pisang sebagai gantinya! Karena mengandung magnesium, jantung pisang mengurangi rasa cemas dan meningkatkan mood. Mereka adalah anti depresan alami tanpa efek samping.

7. Membantu Ibu Menyusui

Seorang wanita yang baru menjadi ibu menghadapi banyak masalah ketika berhadapan dengan proses menyusui. Salah satu masalah utama yang mereka hadapi adalah berkurangnya pasokan ASI. Jantung pisang meningkatkan pasokan ASI yang membantu ibu baru memberi makan bayinya dengan lebih baik baik muda.

Ini adalah beberapa manfaat dari jantung pisang. Ketika dikombinasikan dengan buah pisang, anda dapat menuai semua manfaat kesehatan yang mereka tawarkan. (diahanggra, sehatraga.com)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga