14 Oktober 2016

author photo
Kereta gantung adalah sebuah kereta yang menggantung yang berjalan menggunakan kabel. Jalur kereta gantung umumnya berupa garis lurus dan hanya dapat berbelok pada sudut yang kecil di stasiun antara.

Setiap jalur kereta gantung mempunyai keindahan pemandangannya masing-masing. Dengan kita menaiki kerta gantung dengan pemandangan yang indah bisa membuat suasana hati kamu senang. Yuk langsung saja simak inilah jalur kereta gantung dengan pemandangannya yang paling indah di dunia

1. Skyline Queenstown, Selandia Baru

Skyline Queenstown, Selandia baru
Kereta gantung dengan pemandangan indah yang pertama terletak di Selandia Baru, yaitu Skyline Queenstown. Kereta gantung tertinggi di Queenstown tersebut akan membawa pengunjung ke puncak gunung Bob’s Peak dengan ketinggian 450 meter di atas permukaan laut. Tidak sedikit juga pesepeda gunung yang memakai kereta gantung untuk naik ke puncak gunung Bob’s Peak.

Pembangunan kereta gantungn ini dimulai sejak tahun 1966 dan mualai dibuka pada tahun 1967 dan kereta gantungnya telah mengalami beberapa modifikasi. Jika naik Skyline Queenstown pada malam hari, pengunjung juga dapat melihat keindahan kota Queenstown yang terang menyala. Sungguh indah sekali !

2. Mi Teleferico, Bolivia

Mi Teleferico, Bolivia
Pada awalnya kereta gantung Mi Teleferico ini dibuat sebagai salah satu transportasi alternatif bagi pekerja di La Paz, Bolivia. Untuk alasan efiseinsi kendaraan, maka dibuatlah Mi Teleferico di atas kota, dengan rute dari La Paz ke distrik El Alto. Kereta gantung Mi Teleferico yang dibuka pada tahun 2014 lalu ini, punya jarak sepanjang 11 kilometer.

Walaupun sebenarnya diperuntukkan untuk para pekerja, namun Mi Teleferico juga digandrungi para turis yang juga mau mencoba naik. Dari atas Mi Teleferico terlihat jelas Kota La Paz dan Pegunungan Andes yang ditutupi salju. Mi teleferico ini dapat mengangkut hingga 18.000 penumpang perjamnya.

3. Peak2Peak Gondola, Kanada

Peak2peak Gondola, Kanada
Peak2peak Gondola merupakan satu-satunya kereta gantung yang menghubungkan dua puncak gunung di Whistler, Kanada. Hebatnya lagi Peak2peak Gondola telah meraih dua rekor dunia. Rekor pertama, Peak2peak Gondola memiliki jarak tali terpanjang yang membentang di antara kedua menara penghubung, yaitu sepanjang 3,03 kilometer. Dengan ketinggian 436 mdpl, Peak2peak Gondola juga disebut sebagai kereta gantung dengan titik tertinggi di atas tanah.

Kerennya lagi, di tengah gondola terdapat kaca transparan yang memungkinkan pengunjungnya untuk melihat pemandangan di bawah kereta gantung. Tapi tidak perlu takut, terdapat pagar pembatas di antara pengunjung dan kaca.

4. Titlis Rotair, Swiss

Titlis Rotatir, Swiss
Kalau kalian sedang traveling ke Swiss, cobalah untuk naik kereta gantung Titlis Rotair yang merupakan kereta gantung putar pertama di dunia. Kurang dari lima menit, pengunjung akan diajak untuk naik ke Puncak Gunung Titlis di ketinggian 3.020 meter di atas permukaan laut.

Bagian terbaik dari menaiki kereta gantung Titlis Rotair ini adalah pengunjung dapat melihat gunung gletser es terbesar Eropa dalam perjalanan menuju puncaknya. Sesampainya di puncak, pengunjung juga dapat mencoba masuk ke gua es yang ada. Tidak hanya itu, Mount Titlis juga punya jembatan gantung tertinggi di Eropa. Keren !

5. Palm Springs Aerial Tramway, Amerika

Palm Spring Aerial Tramway, Amerika
Kereta Gantung Palm Springs Aerial Tramway merupakan kereta gantung berputar terbesar di dunia yang dibuka sejak tahun 1963. Kereta gantung tersebut menghubungkan antara kota Coachella Valley dengan Puncak Gunung San Jacinto.

Pengunjung dapat melihat keindahan lembah dan gurun ala Amerika yang liar dan keras dari atas kereta gantung ini. Untuk pembangunannya, helikopter juga dipergunakan untuk mengangkut sejumlah material ke beberapa titik menaranya.

6. Ba Na Hills Cable Car, Vietnam

Ba Na Hills Cable Car, Vietnam
Ternyata tidak hanya di negara barat dan maju saja yang mempunyai transportasi kereta gantung. di Vietnam juga ada Ba Na Hills Cable Car di kota Da Nang. Kereta gantung yang telah dibuka pada tahun 2013 tersebut merupakan kereta gantung terpanjang di dunia, dengan jarak lebih dari lima kilometer. wih ! 

Ba Na Hills Cable Car menghubungkan kaki Gunung Ba Na ke Puncak Vong Nguyet yang terletak di sebelahnya. Tidak hanya panjang, stasiun kereta gantung di kaki Gunung ini juga disebut sebagai stasiun kereta gantung terbesar di dunia loh.

7. Vanoise Express, Prancis

Vanoise Express, prancis
Kereta gantung berikutnya adalah Vanoise Express yang terletak di Les Arcs, Prancis. Vanoise Express menghubungkan French Ski Resorts Les Arcs dengan La Plagne. Kereta gantung ini menyajikan pemandangan gunung es yang luar biasa. Uniknya, kereta gantung Vanoise Express terdiri dari dua lantai, layaknya bus double deck di London.

Setiap keretanya dapat menampung hingga 220 penumpang. Lama perjalanan selama empat menit, dengan jarak perjalanan 1,824 meter. Pada tahun 2013 lalu, Vanoise Express merayakan ulamg tahunnya yang ke-10. Untuk merayakannya, dua orang ahli akrobat diutus untuk berjalan di atas tali yang menghubungkan kedua kereta gantung di udara. Ngeri !(diahanggra, wikipedia.com, awas-aja.com)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga