12 Juni 2017

author photo
Lembaga survei kepuasan pengguna bandara, Skytrax telah mengeluarkan laporan terbarunya terkait daftar bandara terbaik di dunia. Bandara Internasional Changi Singapura masih menduduki peringkat pertama di daftar tersebut.

Dilansir businessinsider.co.id, Rabu (31/5), terpilihnya, Bandara Changi jadi penghargaan kelima berturut-turut sejak 2012. Bandara ini memiliki fasilitas sebagai salah satu hub transit terbesar di Asia Tenggara dan merupakan arus utama dalam ekonomi dunia.

"Memenangkan penghargaan bandara terbaik Skytrax untuk tahun kelima berturut-turut adalah dorongan yang sangat besar bagi komunitas bandara kami yang berkapasitas 50.000 orang di Bandara Changi, setiap orang sangat antusias untuk memberikan pengalaman bandara yang paling berkesan kepada penumpang kami," CEO Bandara Changi Lee Seow Hiang.

"Pengakuan ini menegaskan kepercayaan layanan kami yang telah kami pegang teguh selama bertahun-tahun," tambahnya.

Hasil jajak pendapat ini dilakukan Skytrax pada 14 juta penumpang dari 105 negara dan 550 bandara di dunia. Terdapat 39 parameter kinerja dan layanan termasuk kenyamanan fasilitas, kamar mandi, dan kemampuan bahasa para staf bandara.

Berikut tujuh bandara terbaik dunia tahun ini? enam ada di Asia.

1. Bandara Internasional Changi, Singapura

1. Bandara Internasional Changi, Singapura
Untuk kelima kalinya, bandara ini dinobatkan sebagai terbaik di dunia. Bandara ini juga rumah bagi Singapore Airlines, SilkAir, dan Tiger Airways dan 16 maskapai penerbangan tersibuk di dunia lainnya.

Bandara Changi Singapura telah mendapat pujian dari para penumpang yang pernah singgah. Bandara ini memiliki arsitekturnya yang indah, operasi yang efisien, fasilitas mewah, dan pilihan makan dan belanja yang luas.

para penumpang juga dimanjakan dengan bioskop, hiburan multimedia dan spa. Dalam satu tahun, Changi disinggahi hampir 55,4 juta penumpang.

2. Bandara Internasional Tokyo Haneda, Jepang

2. Bandara Internasional Tokyo Haneda, Jepang
Bandara Haneda adalah salah satu dari dua bandara internasional utama yang melayani daerah Tokyo. Terletak beberapa mil jauhnya dari jantung ibukota Jepang, Haneda telah terbukti menjadi labuhan populer untuk pelancong bisnis dan wisatawan.

Bandara ini naik peringkat kedua dari posisi keempat tahun lalu. Bandara ini memiliki kelebihan berupa efisiensi pelayanan, kebersihan, dan belanja.

Setiap tahunnya, Bandara Haneda dikunjungi hingga 75,6 juta penumpang.

3. Bandara Internasional Incheon, Korea

3. Bandara Internasional Incheon, Korea
Incheon adalah bandara terbaik ketiga di dunia, turun dari tahun lalu di posisi kedua. Terletak di sebuah pulau di luar ibukota Korea Selatan, Incheon adalah rumah untuk Korean Air dan 24 maskapai penerbangan tersibuk di dunia.

Bandara ini dioperasikan pada 2001. Fasilitas Incheon sendiri meliputi tempat berbelanja dan makan, perkumpulan pertunjukan budaya dan museum budaya Korea.

Dalam satu tahun, Incheon disinggahi 49,3 juta penumpang.

4. Bandara Munich, Jerman

4. Bandara Munich, Jerman
Bandara yang terletak timur laut dari pusat kota Munich, Jerman ini adalah salah satu bandara tersibuk di Eropa dan kedua tersibuk di Jerman, setelah Frankfurt. Atas dasar itu, bandara ini dinobatkan sebagai peringkat keempat bandara terbaik di dunia tahun ini, turun dari posisi tahun lalu di peringkat ketiga.

Bandara Munich berfungsi sebagai hub utama untuk Air Berlin, Lufthansa, dan Condor. Bandara yang memiliki arsitektur kaca ini membuat pengunjung dapat melihat taman, juga adanya fitur minigolf dan tampilan pesawat bersejarah.

Dalam satu tahun, Munich disinggahi 42,3 juta penumpang.

5. Bandara Internasional Hong Kong

5. Bandara Internasional Hong Kong
Dibangun di atas sebuah pulau buatan di lepas pantai Hong Kong, bandara ini menjadi salah satu fasilitas yang paling populer di dunia sejak dibuka pada 1998. Salah satu bandara tersibuk di Asia ini berfungsi sebagai persinggahan untuk Cathay Pacific, Hong Kong Airlines, dan Dragonair.

Bandara ini menyediakan permainan yang menarik, di terminal 2 bandara ini menyediakan SkyCity Nine Eagles golf. Bandara Hong Kong ini disinggahi 68,3 juta penumpang setiap tahunnya.

6. Bandara Internasional Hamad Doha, Qatar

6. Bandara Internasional Hamad Doha, Qatar
Bandara Internasional Hamad Doha mulai dibuka untuk bisnis pada 2014. Bandara ini menjadi rumah bagi maskapai penerbangan, Qatar Airways.

Bandara dan dua terminalnya berada di atas tanah seluas 5.400 hektar dan pembangunannya menghabiskan biaya USD 16 miliar. Skytrax menggambarkan fasilitas tersebut sebagai kompleks terminal paling arsitektural dan termewah di dunia.

Bandara ini disinggahi hampir 30 juta penumpang setiap tahunnya.

7. Bandara Internasional Central, Jepang

7. Bandara Internasional Central, Jepang
Bandara ini dibangun di sebuah pulau buatan di tengah Teluk Ise di dekat Nagoya, Jepang. Bandara ini berfungsi sebagai rumah untuk Japan Airlines dan ANA.

Centrair memiliki perbedaan sebagai bandara regional terbaik di dunia lainnya. Bangunan ini memiliki dek langit setinggi 1.000 kaki, di mana penumpang dapat menyaksikan kapal berlayar ke Pelabuhan Nagoya.

Ada juga pemandian tradisional Jepang, di mana para penumpang dapat menikmati rendam santai sambil menyaksikan matahari terbenam di atas teluk.

Sayangnya bandara di Indonesia belum masuk dalam jajaran bandara terbaik di dunia, ini mungkin menjadi pr buat pemerintah untuk terus meningkatkan kualitas bandara yang ada di Indonesia.

Baca Juga :
  1. Waspadalah Jika Air Mineral Berasa Seperti Air Kelapa, Keselamatanmu Menjadi Taruhannya!
  2. 8 Keajaiban Kuno Yang Masih Simpan Misteri Hingga Saat Ini
  3. Ingin Mempunyai Perut Six Pack? Gampang, Biasakan Tertawa Terbahak Saja
  4. Pria Asal Tiongkok Ini Dikira Hamil, Ternyata di Dalam Perutnya Terdapat Benda Yang Menjijikan
  5. Menakjubkan, IQ Gadis Asal Inggris Ini Mampu Menyalip Einstein dan Hawking

(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, merdeka, businessinsider, berbagai sumber)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga