31 Januari 2017

author photo
Saat pagi hari biasanya kamu menyukai  minuman yang hangat-hangat. Entah itu kopi ataupun teh. Tapi Tahukah kamu? Hal ini oleh sebagian orang hanya dianggap sepele karena hanya akan membuat lidah sakit. Padahal, efek yang lebih serius bisa didapatkan jika minum teh atau kopi yang terlalu panas. Efek berbahayanya adalah dapat memicu kanker.

Menurut The International Agency for Research on Cancer (IARC), satu bagian dari World Health Organization (WHO), minuman dengan suhu 65 derajat Celcius ke atas (air mendidih pada suhu 100 derajat Celcius) kemungkinan mengandung karsinogen.

Jika seseorang meminum teh atau kopi terlalu panas ini secara teratur, maka dikhawatirkan dapat meningkatkan resiko terkena kanker esofagus.

lustrasi Kopi Panas
Esofagus sendiri merupakan  saluran yang menghubungkan kerongkongan ke lambung. Jenis kanker esofagus ini disebut salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia.

Gejalanya ditandai dengan adanya kesulitan menelan akibat tumor yang mempersempit esofagus. Ada juga rasa sensasi terbakar ketika berusaha menelan,  sakit pada tenggorokan, muntah, suara serak dan batuk yang tidak hilang selama dua minggu, serta nyeri dada.

Namun untungnya, meskipun minuman yang sangat panas dapat memicu kanker, tapi apa yang diminum malah dapat menurunkan resiko kanker.

Seperti kopi, yang mengandung antioksidan yang memiliki efek protektif terhadap kanker.

Nah, supaya lebih aman lagi, kamu bisa menyajikan teh atau kopi pada suhu yang aman juga. 

Baca Juga:
  1. Makan Kacang-Kacangan Itu Sangat Penting! Ini Alasannya!
  2. Stop, Tindakan Keluarga Ini Dapat Membuat Mayit Diazab Malaikat
  3. Subhanallah Tanda Kiamat Mulai Muncul, Salju Turun di Gurun Sahara Setelah 37 Tahun
  4. Ada 4 Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Kulitmu Berjerawat!
  5. Menkominfo Memblokir Layanan Video Streaming Bigo Live
(Ref: diahanggra, catatansandk.com, palingseru.com)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga