24 Desember 2016

author photo
Jika diberi pilihan daging atau kacang, pasti Anda akan memilih untuk mengonsumsi daging agar perut lebih terasa kenyang. Namun, nyatanya sebuah studi menunjukkan kacang lebih efektif membuat tubuh lebih terisi dan tak mudah lapar.

Kacang polong untuk orang Indonesia memang tidak sepopuler kacang bogor, sukro, kacang kedelai maupun kacang tanah yang direbus. Tetapi untuk anda yang pernah tinggal di luar negeri maupun menyambangi restoran bertaraf internasional yang ada di indonesia, kacang polong atau kacang ercis ini pasti sudah tidak asing lagi.

Manfaat kacang polong
Kacang polong menjadi salah satu makanan favorit di luar negeri, sebab selain rasanya yang nikmat, manis, serta bisa dijadikan makanan pelengkap berat, yang kaya akan gizi. Sesudah anda mengetahui kandungan manfaat kacang polong yang luar biasa, mungkin anda akan segera berburu kacang polong. Berikut ini ialah berbagai macam manfaat yang terkandung di dalam kacang polong.

1. Dapat membantu meningkatkan masa otot
Kandungan protein nabati kacang polong terbilang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis sayur-sayuran lainnya. pada 100 gram kacang polong terkandung 8 gram protein nabati, hampir setara dengan 28 gram daging sapi dengan kandungan protein 9 gram. Kandungan yang cukup tinggi ini dapat memenuhi kebutuhan protein manusia sehari-hari. 

2. Dapat menurunkan kolesterol
Menurut beberapa penelitian, kandungan omega 3 pada kacang-kacangan bisa menurunkan kolesterol atau lemak jahat. Omega 3 adalah lemak tak jenuh atau lemak baik yang berperan dalam menetralisir kelebihan lemak jenuh akibat kolesterol.

3. Untuk melindungi mata
Karotenoid atau istilah lainnya adalah betakaroten adalah zat alami yang terkandung dalam sayur atau buah-buahan yang memiliki warna merah, orange, atau kuning. namun tidak menutup kemungkinan sayur atau buah-buahan yang berwarna lainnya juga mengandung betakaroten, semisal kacang polong. Fungsi dari betakaroten ialah mengkonversi zat warna pada tanaman, sayuran, buah menjadi vitamin A serta sebab sumber vitamin A , selain untuk mempertahankan kesehatan mata juga bermanfaat sebagai zat antioksidan yang bisa memberikan pertahanan tubuh menjadi lebih optimal.

4. Dapat meregenarasi kerusakan sel tubuh
Manfaat vitamin C adalah salah satu vitamin yang mudah hilang sebab aktivitas fisik. Namun, vitamin C juga adalah zat antioksidan yang berfungsi meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Karena manfaatnya dalam hal meregenerasi, maka vitamin C akan sangat berguna untuk kecantikan, semisal memperbaiki kondisi rambut rusak (bercabang, kering), memperbaiki kondisi kulit kusam karena vitamin C dapat memproduksi kolagen yang berkhasiat untuk kulit kencang serta cerah.

5. Dapat menurunkan gula darah
Kacang polong adalah makanan yang kaya akan serat serta protein. Karena kadar serat serta protein yang tinggi inilah, maka pekerjaan ginjal dalam mengendalikan kadar gula dalam darah terbantu. diet tinggi protein juga serat terkenal sebagai terapi alami buat menurunkan gula darah.

6. Dapat mencegah osteoporosis
Folat banyak terkandung dalam sayur-sayuran, kacang-kacangan, serta buah-buahan termasuk juga pada kacang polong. Peran folat tidak hanya penting untuk bayi dalam kandungan untuk membantu perkembangan sel-sel, namun juga bermanfaat untuk orang tua atau orang dewasa. hal ini terkait osteoporosis yang rentan terjadi pada orang dewasa menjelang tua. folat membantu tubuh supaya homosistesin dirubah menjadi metionin. Kemudian apakah itu homosistesin? homosistesian ialah faktor akibat resiko seseorang terkena osteoporosis. Sehingga apabila tubuh kekurangan folat, maka kadar homosistesin dalam darah akan naik serta mengakibatkan osteoporosis.

7. Dapat mencegah penyakit jantung
Omega 3 adalah lemak tak jenuh yang berperan melawan lemak jahat atau kolesterol akibat penyakit-penyakit semisal jantung. Disamping omega 3 terdapat pula kandungan zat lainnya yang baik untuk kesehatan jantung semisal fitonutrien, flavanol, sapion. flavanol bermanfaat sebagai zat anti pembekuan darah, akibat resiko penyakit jantung.

8. Pengganti daging untuk para vegetarian
Kandungan proteinnya yang tinggi, kaya serat namun rendah lemak juga cocok untuk anda yang tengah menjalani program diet. Mengapa kacang polong begitu cocok untuk anda yang tengah menjalani program menurunkan berat badan? jawabannya ada pada protein. Manfaat protein bisa membantu pembakaran lemak serta mengurangi nafsu makan serta cocok untuk orang-orang yang tengah menjalani program diet. Begitu dianjurkan mengkonsumsi kacang polong 2-3 jam sebelum anda makan berat buat mengurangi nafsu makan untuk yang diet. Makanan kaya protein semisal kacang polong membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

9. Anti konstipasi 
Nama lain dari konstipasi ialah sembelit, yaitu pergerakan usus yang melambat atau kurang lancar sehingga mengakibatkan fases keras serta kering. umumnya, akibat konstipasi merupakan sebab kekurangan serat di dalam menu harian. Kemungkinan faktor lainnya semisal faktor kehamilan, usia renta, pengaruh obat, kurang minum atau lain sebagainya. buat kasus konstipasi sebab masalah kurang sehat, anda akan mendapatkan solusinya dalam kacang polong. Kandungan manfaat dalam kacang polong mencapai 8.3 gram dalam setiap 100 gram kacang polong. Ini berarti setiap 100 gram kacang polong akan memenuhi kebutuhan tubuh akan serat sekitar 33%.

10. Dapat meningkatkan daya tahan tubuh
Kandungan antioksidan semisal karotenoid, flavonoid, polifenol, serta asam penoleat. Zat antioksidan begitu bermanfaat dalam hal regenerasi sel-sel yang rusak sehingga mempengaruhi daya tahan tubuh yang berimbas pada kemampuan penyembuhan penyakit. Disamping itu, sebab kemampuannya dalam meregenerasi sel-sel yang rusak, maka manfaat antioksidan dalam dunia kecantikan dalam menjaga elastisitas kulit.

Demikian beberapa manfaat dari kacang polong. Semoga menjadi salah satu pilihan sehat dalam menu makanan kita sehari-hari.

Baca Juga :
  1. Inilah Tampilan Uang NKRI Dengan Desain Baru
  2. Putus Asa, Warga Allepo Suriah Mengirim Pesan Selamat Tinggal di Media Sosial #SaveAllepo
  3. Bagi Perempuan Jangan Terlalu Banyak Mengkonsumsi Paracetamol dan Iburofen Karena Bisa Menyebabkan Tuli
  4. Sifat Cowok Yang Kamu Nggak Sadari, Padahal Dia Sangat Peduli!
  5. Astaga, Di Salah Satu Kota Cina Ini Para Gelandangan dan Pengemis di Kandangi

(Ref: sandk, catatansandk.com, muslimahzone.com)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga