01 Oktober 2016

author photo
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya kesemutan. Kesemutan memang sangat mengganggu rasanya sangat tidak nyaman, seprti tertusuk-tusuk jarum banyak. Yuk langsung saja kita simak!

Namun apakah anda tahu apa penyebab kesemutan?

Ilustrasi Kesemutan
Kesemutan adalah salah satu gangguan pada sistem saraf sensorik, ini dikarenakan adanya suatu rangsangan pada litrik yang terdapat pada sistem yang tidak tersalurkan dengan baik. Pada saat posisi sistem saraf tubuh kita sedang terjepit seperti pada saat kita sedang jongkok, maka akan terjadi kesemutan karena sirkulasi darah menjadi tidak lancar. Selain itu, ada juga beberapa penyebab lain yang dapat menyebabkan terjadinya kesemutan, baik yang bersifat sementara ataupun kronis yang dapat berlangsung dalam waktu yang cukup lama yaitu :

  1. Terjadinya penekanan sistem saraf yang dapat terjadi pada saat kita sedang tertidur, jongkok ataupun duduk bersila dalam waktu yang cukup lama. 
  2. Dapat terjadi pada seseorang yang sedang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.
  3. Kurangnya suplai darah pada daerah yang sedang mengalami kesemutan akibat dari terjepitnya sistem saraf.

Faktor penyebab kememutan kronis

Sedangkan untuk jenis kesemutan yang berlangsung cukup lama (kronis) dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu :

  1. Dapat terjadi pada seseorang yang mengalami gangguan pada organ otak, sistem saraf tulang belakang atau pada bagian saraf tepi. Ini juga termasuk pada bagian dalamnya seperti stroke, terjadinya pendarahan pada otak, tumor, trauma, mengalami penyempitan pada saraf, terjadinya infeksi pada otak dan juga pada bagian selaputnya.
  2. Dapat terjadi pada seseorang yang mengidap gangguan kesehatan jantung dan juga penyempitan pada pembuluh darah.
  3. Terjadinya gangguan metabolic dan juga hormonal seperti terjadinya gangguan hormone tiroid, menopause, diabetes, kadar gula darah rendah, kadar kalsium, natrium, kalium dan juga ureum abnormal.
  4. Mengalami infeksi dan juga sindrom pasca infeksi
  5. Akibat dari keganasan tumor otak
  6. Kekurangan asupan vitamin seperti vitamin B1, B5, dan juga B12.
  7. Akibat dari terjadinya gangguan pada jaringan ikat dan juga imunitas.
  8. Mengalami kelainan pada kulit, darah, tulang dan juga sendi.

Untuk dapat mengatasi atau mengobati masalah kesemutan tersebut yaitu dengan cara mengenali gejala awalnya terlebih dahulu, karena apabila penyebab dari kesemutan itu dikarenakan kaki atau tangan tertekuk dalam waktu yang cukup lama, maka kesemutan itu dapat hilang dan sembuh dengan sendirinya. Tetapi jika kesemutan itu disebabkan oleh faktor lain, maka cara penanganannya yaitu dengan cara pengobatan yang disesuaikan dengan menghilangkan terlebih dahulu faktor awal penyebab kesemutan tersebut.

Cara pencegahan kesemutan

Agar gejala kesemutan itu tidak datang kembali, maka sebaiknya anda mengkonsumsi multivitamin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh. 

Dengan terpenuhinya beberapa elemen penting seperti kalsium dan juga magnesium aspartate dapat membantu menghancurkan dan menguraio asam laktat yang menumpuk pada otot didalam tubuh dan mengubahnya menjadi sumber energi. Kandungan vitamin seperti vitamin B1, B6 dan juga B12 dapat memelihara sel-sel saraf yang mampu mengatasi gejala kesemutan tersebut.


Tetapi jika gejala kesemutan tersebut semakin hari semakin tambah parah dengan disertai beberapa keluhan seperti sakit kepala, pusing, muntah-muntah dan sebagainya, maka sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatan anda ke dokter spesialis saraf agar mendapatkan penanganan dan pengobatan lebih lanjut. (diahanggra, manfaat.co)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga