29 Desember 2016

author photo
Perancis adalah sebuah negara di Eropa barat. Perancis adalah negara terbesar ketiga Eropa dalam hal luas wilayah. Hanya Rusia dan Ukraina yang memiliki wilayah lebih luas. Ibukota dan kota terbesar Perancis adalah Paris, salah satu megapolitan di dunia.

Perancis dengan bangganya telah meresmikan jalan raya umum yang digunakan untuk pembangkit listrik.

Jalan dengan teknologi ini diklaim sebagai yang pertama di dunia dan telah menghabiskan banyak biaya untuk pembuatannya, yaitu sekitar  5,2 juta dolar Amerika atau Rp 69,8 miliar.

Prancis
Rutenya membentang hingga sepanjang 1 kilometer (0,6 mil) dan terletak di desa kecil Tourouvre-au-Perch di Normandia.

Untuk menutupi jalan sepanjang 1 kilometer itu, membutuhkan 2.800 meter persegi panel yang dimanfaatkan untuk menyerap tenaga matahari untuk menghasilkan listrik. Jalan raya dengan panel surya ini dikatakan akan dibuka minggu lalu di hadapan Menteri Ekologi Perancis, Segolene Royal.

Jalan ini disebut sebagai “Wattway” yang dibangun oleh perusahaan Colas. Diperkirakan jalan ini akan digunakan sekitar 2.000 pengemudi setiap harinya.

baca juga : Hanya di Jepang Badai Mematikn Malah di Ubah Jadi Listrik. Seperti Ini Caranya

Pihak pemerintah akan meneliti dalam dua tahun ke depan seberapa efektif jalanan baru ini menghasilkan energi listrik untuk menerangi jalan-jalan desa yang dihuni oleh sekitar 3.400 penduduk.

Sebenarnya, Segolene Royal memiliki keinginan untuk memasang panel surya di jaringan jalan raya di Perancis, satu kilometer dari setiap 1.000 kilometer. Tapi, Wakil Presiden dari Network for Energetic Transition (CLER), Marc Jedliczka mengkritik, agar lebuh memprioritaskan lainnya dari pada mengembangkan sumber energi terbaru seperti itu.

Karena proyek ini dianggap mengeluarkan biaya sangat mahal, dan yang paling ditakutkan adalah cahaya matahari terbilang tidak terlalu kuat dan jarang meneragi wilayah tersebut.

Baca Juga:
  1. Ahok Mengekspresikan Wajah Sedih Lalu Dipeluk Sang Kakak Angkat Seusai Sidang Perdana Ahok
  2. Saat Mencuci Wajah, Sebaiknya Menggunakan Air Hangat Atau Air Dingin?
  3. Ini Isi Surat Al-Maidah Ayat 51 Yang Dihina Ahok
  4. Ini Penyebab Mendadak Linglung dan Fikiran Berkabut
  5. Tafsir Surat Al-Fajr Tentang Kebakaran di Israel
(Ref: diahanggra, catatansandk.com, palingseru.com)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga